Sabtu 06 May 2023 17:25 WIB

Fenomena Alam Gerhana Bulan Penumbra di Berbagai Belahan Dunia

Bulan Purnama terlihat lebih redup saat puncak gerhana terjadi.

Red: Tahta Aidilla

Gerhana bulan penumbra terlihat dibalik awan di Srinagar, Kashmir, India, Sabtu (6/5/ 2023) dini hari. (FOTO : AP Photo/Mukhtar Khan)

Foto komposit (memotret beberapa kondisi lighting pada objek untuk digabungkan menjadi satu foto akhir) menunjukkan (dari kiri) bulan purnama selama gerhana bulan penumbra (mulai gerhana maksimum) di Taipei, Taiwan, (6/5/ 2023). (FOTO : EPA-EFE/RITCHIE B. TONGO)

Foto yang diambil dengan tehnik multiple exposure menunjukkan bulan purnama sebelum gerhana bulan penumbra di Hanoi, Vietnam, (6/5/2023). (FOTO : EPA-EFE/LUONG THAI LINH)

Gerhana bulan penumbra terlihat dari Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (6/5/2023). Gerhana bulan penumbra yang terjadi saat posisi matahari, langit, dan bulan tidak benar-benar sejajar sehingga bulan hanya akan terlihat sedikit meredup. (FOTO : ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Foto komposit dua kali lipat menunjukkan (kiri-kanan) bulan purnama selama gerhana bulan penumbra (mulai gerhana maksimum) di Taipei, Taiwan, (6/5/2023). (FOTO : EPA-EFE/RITCHIE B. TONGO)

Gerhana bulan penumbra yang sebagian tertutup awan di Beijing Sabtu, (6/5/2023) dini hari. (FOTO : AP/Ng Han Guan)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, Kumpulan penampakan Gerhana Bulan di negara Indonesia, India ,Taiwan, Vietnam, China pada Sabtu (6/5/2023) dini hari.

Gerhana Bulan adalah fenomena alam yang terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi.

Gerhana Bulan terbagi menjadi tiga jenis yaitu Gerhana Bulan Total, Gerhana Bulan Sebagian, dan Gerhana Bulan Penumbra.

Gerhana Bulan Penumbra yang terjadi saat ini posisi Bulan, Matahari, dan Bumi sejajar. 

Peristiwa tersebut membuat Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi dan mengakibatkan Bulan Purnama terlihat lebih redup saat puncak gerhana terjadi.

 

sumber : AP Photo, Antara Foto, EPA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement