Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Dorong UMKM Ekspor, Bea Cukai Berikan Asistensi di Tiga Wilayah Ini

Selasa 02 May 2023 17:22 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Bea Cukai juga gencar melakukan sosialisasi mengenai ekspor di Galeri 100% Bogor yang berlokasi di Jalan Bina Marga No. 15, Kota Bogor, pada Selasa (18/04), dan UMKM Peci Goni yang berlokasi di Kabupaten Kudus, pada Jumat (14/04).

Bea Cukai juga gencar melakukan sosialisasi mengenai ekspor di Galeri 100% Bogor yang berlokasi di Jalan Bina Marga No. 15, Kota Bogor, pada Selasa (18/04), dan UMKM Peci Goni yang berlokasi di Kabupaten Kudus, pada Jumat (14/04).

Foto: dok Bea Cukai
Bea Cukai memberikan sosialisasi berupa tata laksana ekspor kepada para pelaku UMKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah sektor yang sangat strategis dan potensial sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan dan pemberdayaan UMKM sebagai ketahanan perekonomian nasional. Salah satu upaya Bea Cukai dalam meningkatkan daya saing UMKM adalah melalui program asistensi pendampingan ekspor.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, mengatakan bahwa program asistensi pendampingan ekspor dilaksanakan di Tangerang Selatan (18/04), Bogor (18/04), dan Kudus (14/04). “Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM agar naik kelas dan meningkatkan daya saing di pasar global,” imbuhnya.

Bea Cukai memberikan sosialisasi berupa tata laksana ekspor kepada para pelaku UMKM yang memiliki produk potensial dan penyiapan dokumen ekspor bagi para pelaku UMKM yang telah siap ekspor. Hasilnya, pada bulan Maret lalu, Cartenz Cocoa, salah satu UMKM binaan Bea Cukai Banten berhasil mengirim sampel cocoa powder sebanyak satu kilogram ke Turki.

“Setelah pengiriman sampel, rencananya, akan dilakukan pengiriman sebanyak 11 metrik ton ke India dan 17 metrik ton ke Turki pada bulan Mei. Oleh karena itu, Bea Cukai Banten melakukan penelitian terhadap dokumen-dokumen yang dipersyaratkan khususnya terkait perjanjian dagang internasional, pada Selasa (18/04),” tutur Hatta.

Selain asistensi persiapan ekspor di Tangerang Selatan, Bea Cukai juga gencar melakukan sosialisasi mengenai ekspor di Galeri 100% Bogor yang berlokasi di Jalan Bina Marga No. 15, Kota Bogor, pada Selasa (18/04), dan UMKM Peci Goni yang berlokasi di Kabupaten Kudus, pada Jumat (14/04). 

“Nilai jual produk UMKM berasal dari kekhasan atau keunikan produk yang dipasarkan, tiap daerah pun memiliki kekhasan produk yang potensial untuk diekspor. Oleh karena itu, melalui asistensi yang dilakukan oleh Bea Cukai Bogor dan Bea Cukai Kudus, diharapkan mampu mendorong pelaku UMKM untuk ekspor mandiri sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” pungkas Hatta.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler