Senin 01 May 2023 12:13 WIB

Polda Jawa Barat Sebut Arus Balik Lebaran 1444 Hijriah Lancar

Di beberapa titik ruas jalur mudik dan wisata masih terdapat kepadatan kendaraan.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Kendaraan terjebak kemacetan menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi, Bandung, Jawa Barat.
Foto: RAISAN AL FARISI/ANTARA
Kendaraan terjebak kemacetan menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi, Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Polda Jawa Barat mengungkapkan, arus balik Lebaran 1444 hijriah tahun 2023 di wilayah Jawa Barat berjalan lancar. Namun, di beberapa titik ruas jalan khususnya di jalur mudik dan wisata masih terdapat kepadatan kendaraan.

"Kesimpulan umumnya tidak ada kemacetan sama sekali kecuali di puncak ya. Cuma ada pelambatan di daerah-daerah arus mudik," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo, Senin (1/5/2023).

Beberapa daerah wisata, dia mengatakan, terjadi kepadatan. Namun, petugas berhasil mengurai arus lalu lintas sehingga dapat kembali berjalan

"Walau kondisi padat terpaksa dilakukan upaya-upaya yang dilaksanakan petugas sehingga bisa mengurai kepadatan yang ada," katanya.

Ibrahim melanjutkan. puncak arus balik terjadi pada tanggal 25 April lalu dan hari-hari berikutnya terus mengalami penurunan kendaraan. Termasuk di jalur arteri yang didominasi oleh kendaraan roda dua.

"Meningkatnya tanggal 25 kondisi memuncaknya terlihat sampai mencapai 158 ribu. Tanggal 26 menurun menjadi 138 ribu, menurun hampir rata-rata 100 ribuan, sampai dengan kemarin menunjukan angka 100 ribuan," katanya.

Dia menambahkan, jalur arteri kendaraan didominasi roda dua dan arus lalu lintas berjalan lancar. Terdapat beberapa pelambatan di beberapa ruas jalan, tapi berhasil terurai.

Salah seorang pemudik asal Garut Abdurahman mengaku, melaksanakan mudik dengan lancar dan aman. Meski terjadi pelambatan di beberapa titik namun berhasil diurai. "Mudik sekarang alhamdulillah lancar," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement