Ahad 30 Apr 2023 22:10 WIB

Urai Kemacetan, Tim Polisi Motor Disiagakan di Pospam Simpang Jomin

Pospam Simpang Jomin menutup sejumlah titik u-turn saat arus balik.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Personel Polres Karawang melakukan pengaturan lalu lintas di Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023) malam.
Foto: Republika/Havid Al Vizki
Personel Polres Karawang melakukan pengaturan lalu lintas di Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Simpang Jomin, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menjadi salah satu titik perhatian karena menjadi jalur utama lalu lintas kendaraan arus balik. Pos Pengamanan (Pospam) disiapkan di sana, dengan personel yang disiagakan untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas.

Kepala Pospam Simpang Jomin Iptu Muhammad Rizki Anshori mengatakan, di pospam pun disiagakan tim polisi bersepeda motor, yang bertugas mengurai titik kemacetan arus kendaraan.

Baca Juga

“Pos Jomin punya tim urai dengan menggunakan sepeda motor untuk mengurai simpul kemacetan, seperti akibat kendaraan mogok atau yang melipir di bahu jalan,” kata Anshori di pertigaan Simpang Jomin, Ahad (30/4/2023).

Diperkirakan arus balik gelombang kedua terjadi Ahad ini dan Senin (1/5/2023). Mengantisipasi potensi kemacetan arus lalu lintas, Anshori mengatakan, pihaknya juga melakukan penutupan sejumlah titik putaran balik arah kendaraan (u-turn).

“Kalau kami lakukan pembukaan, malah akan terjadi stuck di sana dan masyarakat menuju Jakarta akan tersendat. Jadi, kami buat satu arah sampai SPBU Sasak Gambreng dan kami buat u-turn di sana,” kata Anshori.

Anshori mengingatkan para personel yang bertugas di lapangan untuk bersabar menghadapi para pengguna jalan saat arus balik ini. 

“Saya ingatkan juga kepada jajaran agar sabar dan maklum apabila ada pengguna jalan yang emosi karena mereka pasti lelah akibat perjalanan jauh dan cuaca juga sangat panas, jadi saya ingatkan untuk memaklumi,” ujar Anshori.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement