Ahad 30 Apr 2023 21:43 WIB

Survei: Banyak yang tak Tahu Manfaat Cuci Muka Sebelum Tidur

Dokter kulit menyarankan cuci muka dua kali sehari.

Rep: Desy Susilawati / Red: Qommarria Rostanti
Mencuci muka (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Mencuci muka (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wajah dihadapkan oleh banyak hal setiap sehari, mulai dari sinar matahari, angin, riasan, hingga paparan sinar biru dari ponsel yang tiada henti. Oleh karena itu, sangat penting merawat kulit termasuk mencuci wajah.

Menurut survei pada 2017 terhadap 1.000 pria dan wanita dewasa dari jenama produk perawatan kulit CeraVe, banyak dari mereka yang tidak menyadari pentingnya mencuci wajah. Lebih dari separuh orang mengatakan, sering tidak mencuci wajah sebelum tidur.

Baca Juga

“Pada akhirnya, pembersihan wajah sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat,” ujar dokter kulit bersertifikat di Verona, New Jersey, Aanand Geria, seperti dilansir dari laman Every Day Health, Sabtu (29/4/2023).

Wajah Anda adalah bagaimana Anda menghadapi dunia. Wajah mengumpulkan kotoran, minyak, dan kotoran lain yang jika tidak dihilangkan dapat menyebabkan iritasi dan masalah kulit lainnya. “Secara keseluruhan, kulit akan lebih kotor, lebih kering, lebih berminyak, dan tampak lebih tua tanpa pembersihan wajah setiap hari,” ujarnya.

Seberapa sering mencuci wajah? Menurut para ahli, secara umum, cuci muka aebaiknya dua kali sehari. “Saya memberi tahu pasien bahwa penting untuk mencuci muka pada pagi hari dan penghujung hari,” ujar dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Philadelphia, Nazanin Saedi.

Mencuci wajah menghilangkan kotoran yang mungkin menempel di kulit sepanjang malam serta menghilangkan kotoran dan riasan apa pun yang digunakan pada siang hari.

Dr Saedi, merekomendasikan mencuci wajah dua kali sehari bahkan untuk pasien yang memiliki kulit sensitif atau kondisi kulit. Beberapa dokter kulit menyarankan hanya cuci muka sekali sehari dalam keadaan tertentu.

Dr Geria merekomendasikan untuk mencuci wajah dua kali sehari juga. Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, Anda bisa membersihkannya pada malam hari untuk menghilangkan kotoran, tapi kemudian bilas wajah dengan air hangat pada pagi hari. Jika memiliki eksim yang aktif, Anda dapat memilih untuk mencuci sekali sehari pada malam hari untuk membatasi iritasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement