Dokter Ingatkan Konsekuensi Jika Tubuh tak Terhidrasi Saat Mudik Balik

Red: Qommarria Rostanti

Jumat 28 Apr 2023 22:24 WIB

Penumpang menunggu waktu pemberangkatan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) saat Arus Balik Lebaran Idul Fitri 1444H di Terminal Bus Giwangan, Yogyakarta, Jumat (28/4/2023). Menurut agen tiket bus di Terminal Giwangan, bahwa arus balik lebaran kali ini tidak lebih bagus daripada tahun lalu atau dibilang sepi penumpang. Sepi nya penumpang di Terminal Giwangan juga dikeluhkan oleh pedagang yang berada di sekitar lokasi pemberangkatan bus. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Penumpang menunggu waktu pemberangkatan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) saat Arus Balik Lebaran Idul Fitri 1444H di Terminal Bus Giwangan, Yogyakarta, Jumat (28/4/2023). Menurut agen tiket bus di Terminal Giwangan, bahwa arus balik lebaran kali ini tidak lebih bagus daripada tahun lalu atau dibilang sepi penumpang. Sepi nya penumpang di Terminal Giwangan juga dikeluhkan oleh pedagang yang berada di sekitar lokasi pemberangkatan bus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter dari Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo dr. Mochamad Tri Irfan mengimbau masyarakat yang melakukan mudik balik untuk rajin minum air putih sehingga tubuhnya dapat terus terhidrasi dan menjaga stamina tubuh. Menurutnya dengan tetap terhidrasi maka kondisi tubuh pemudik bisa lebih stabil dan dapat fokus saat sedang melakukan perjalanan.

"Karena kita sering temukan habis selesai mudik banyak yang datang ke puskesmas. Keluhannya batuk-batuk, pilek, lemas. Saat ditanya ternyata memang kurang minum air putih dan dehidrasi Makannya penting untuk tetap minum dan terhidrasi," kata dr. Irfan saat ditemui di Pos Pelayanan Kesehatan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (28/4/2023). 

Baca Juga

Lebih lanjut dr. Irfan mengatakan, selain menyiapkan asupan air putih agar tetap terhidrasi selama perjalanan milir, masyarakat juga dapat menjaga stamina tubuhnya dengan memperbanyak asupan makanan berupa sayur dan buah.

Konsumsi sayur dan buah sebelum mudik balik juga berfungsi untuk menyeimbangkan kondisi tubuh mengingat saat merayakan Lebaran, biasanya masyarakat mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak.

Ia mengatakan, dengan konsumsi sayur dan buah yang kaya serat maka metabolisme tubuh dapat lancar dan menjaga tubuh tetap sehat.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen kesehatan lainnya agar saat mudik balik kesehatan tubuhnya bisa lebih bugar.

Bagi masyarakat yang memang memiliki komorbid, dr.Irfan juga menyarankan agar dapat mengambil tes kesehatan terkait.

Misalnya untuk yang memiliki penyakit diabetes, pemudik balik bisa melakukan tes gula darah untuk melihat kondisinya tetap terkontrol atau tidak.

Terakhir, dr.Irfan mengingatkan agar para pemudik balik tidak lupa untuk mengambil waktu istirahat jika sudah merasa lelah.

"Terkadang yang pulang dari mudik itu suka lupa kalau istirahat itu dan lanjut jalan aja. Padahal itu penting agar perjalanannya bisa lancar dan tetap aman sampai tujuan," ujar dr.Irfan.