Rabu 26 Apr 2023 21:31 WIB

Kawanan Laron Ganggu Kelancaran Arus Balik di Ruas Buntu-Sokaraja

Beberapa pengendara terpeleset saat melindas laron yang mati bertebaran di jalan.

Kendaraan pemudik yang menuju Brebes melintasi ruas jalur tengah Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (7/5/2022). Rekaman video yang menyebar di WhatsApp memperlihatkan kawanan laron beterbangan di Jembatan Serayu Banyumas pada Rabu (26/4/2023).
Foto: ANTARA/Idhad Zakaria
Kendaraan pemudik yang menuju Brebes melintasi ruas jalur tengah Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (7/5/2022). Rekaman video yang menyebar di WhatsApp memperlihatkan kawanan laron beterbangan di Jembatan Serayu Banyumas pada Rabu (26/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Kawanan laron yang muncul di sekitaran Jembatan Serayu Banyumas mengganggu kelancaran arus balik yang melintas di ruas Jalan Raya Buntu-Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada H+3 Lebaran. Rekaman video fenomena tersebut tersebar melalui aplikasi perpesanan WhatsApp, Rabu (26/4/2023) malam.

Dalam rekaman video tersebut, tampak anggota Polresta Banyumas yang bertugas di Pospam Lebaran 2023 Simpang Kaliori berupaya mengatur kelancaran arus lalu lintas di Jembatan Serayu Banyumas. Mereka mengingatkan pengendara untuk berhati-hati karena banyak laron yang beterbangan di tempat itu.

Baca Juga

Saat dihubungi Antara dari Pospam Lebaran 2023 Simpang SPBU Ajibarang, Kasatlantas Polresta Banyumas Kompol Bobby Anugrah Rachman membenarkan jika rekaman video yang menggambarkan kemunculan kawanan laron di Jembatan Serayu Banyumas itu merupakan peristiwa yang terjadi pada Rabu (26/4/2023) malam. Menurut dia, fenomena munculnya kawanan laron itu telah terjadi dalam beberapa malam terakhir.

"Malam ini laron yang muncul agak berkurang meskipun beberapa pengendara sempat terpeleset, namun tidak sampai jatuh," jelasnya.

Bobby mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas untuk membersihkan Jembatan Serayu Banyumas karena laron yang mati dan berserakan di lantai jembatan dapat mengakibatkan jalan menjadi licin sehingga rawan kecelakaan.

Mengenai kondisi arus balik di ruas Jalan Raya Buntu-Sokaraja, Kasatlantas mengatakan arus kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut pada Rabu (26/4) terpantau cukup padat.

"Selain karena banyak warga yang baru pulang setelah berwisata, kepadatan arus balik juga disebabkan banyaknya pemilir dari arah Kebumen dan Yogyakarta tujuan Jakarta yang memanfaatkan jalur Kaliori (Buntu-Sokaraja) untuk menuju Tol Pemalang melalui Purbalingga," katanya.

Bobby bersyukur karena saat sekarang banyak pemudik yang mencoba jalur baru menuju Tol Pemalang dengan melalui ruas jalan Buntu-Kaliori-Sokaraja-Purbalingga. Itu dapat mengurangi kepadatan arus balik di ruas Jalan Raya Ajibarang ke arah Tol Brebes.

Sementara itu, dari pengamatan wartawan Antara di Pospam Lebaran 2023 Simpang SPBU Ajibarang, kepadatan arus balik di ruas jalan Ajibarang-Brebes pada Rabu (26/4/2023) malam mengalami peningkatan dari situasi pada sore hari. Dalam hal ini, arus balik yang datang dari arah jalur tengah maupun selatan menuju pantura Jateng atau Tol Brebes didominasi pemudik yang menggunakan mobil pribadi.

Kapospam Simpang SPBU Ajibarang Iptu Wahyu Shofha mengatakan arus balik di ruas Ajibarang-Brebes pada hari Rabu (26/4) tidak sepadat dua hari sebelumnya. "Dua hari kemarin, Senin (24/4) dan Selasa (25/4) terjadi peningkatan arus balik. Paling ramai tadi malam (25/4)," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement