Viral Pengemis Hitung Gepokan Uang di Tempat Umum

Rep: Fergi Nadira/ Red: Bilal Ramadhan

Rabu 26 Apr 2023 20:39 WIB

Tangkapan layar dari video di jejaring sosial yang memperlihatkan pengemis sedang menghitung uang yang tebal. Foto: Tangkapan layar video di medsos Tangkapan layar dari video di jejaring sosial yang memperlihatkan pengemis sedang menghitung uang yang tebal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramai di media sosial TikTok dan Twitter video diduga seorang pengemis sedang menghitung uang hasil mengemisnya di pinggir tempat makan. Video pertama kali diunggah oleh akun TikTok @Erick_10 pada Selasa (25/4/2023).

Video tersebut kini telah ditonton lebih dari 450 ribu orang dan dibanjiri lebih dari 3.000 komentar. Unggahan mengungkapkan bahwa video diambil dari daerah Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Baca Juga

Dalam video, terlihat seorang ibu diduga pengemis tengah menghitung uang gepokan yang terdiri dari pecahan Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Ibu tersebut terlihat berpakaian lusuh, dengan mengenakan penutup kepala serbet dan tanpa alas kaki. Dia menghitung uang di depan sebuah toko roti bernama Ganda.

"Hitung penghasilan di tempat dia mengemis?" kata keterangan unggahan yang kini telah menerima respon lebih dari 14 ribu itu di TikTok, dikutip Republika, Rabu (26/4/2023).

Setelah menghitung uang gepokan, pengemis tersebut menyatukannya dengan karet dan menghitung kembali uang gepokan lainnya. Diduga uang itu adalah hasil dia mengemis.

Warganet geleng-geleng kepala online melihat aksi tersebut. Banyak yang menyayangkan aksi sang pengemis menghitung uang dan bahkan membandingkan dengan penghasilan warganet yang bukan pengemis.

"Makanya aku lebih suka kasih ke pedagang yang sepi pembeli atau driver ojol," kata salah satu komentar.

"Mau kasihan tapi ternyata lebih kasihan diriku," kata komentar lain. "Sepertinya gajiku sama seperti hasil pengemis itu," timpal komentar lain.

"Berarti memang sudah rezeki ibu itu, yang penting kita ngasihnya ikhlas Insya Allah Berkah," kata komentar lain menenangkan.