Kereta Jarak Jauh Diminati, Pengawasan Gangguan Ditingkatkan

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor

Rabu 26 Apr 2023 07:43 WIB

Pemudik dari arah Semarang tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (24/4/2023). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang banyak diminati masyarakat karena relatif lebih tepat waktu, bersih, nyaman, dan aman. Foto: Republika/Thoudy Badai Pemudik dari arah Semarang tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (24/4/2023). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang banyak diminati masyarakat karena relatif lebih tepat waktu, bersih, nyaman, dan aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang banyak diminati masyarakat karena relatif lebih tepat waktu, bersih, nyaman, dan aman. Selama masa mudik dan balik libur Lebaran 2023, Listyo memastikan pengawasan gangguan terhadap moda transportasi kereta juga ditingkatkan.

Dia memastikan, sejumlah upaya yang telah disiapkan untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang kereta api. “Antara lain meningkatkan pengawasan gangguan operasional, serta mengantisipasi gangguan sarana dan prasarana dengan menambah petugas,” kata Listyo dalam pernyataan tertulis bersama, Selasa (25/4/2023) malam.

Baca Juga

Listyo memastikan, penumpang kereta api jarak jauh juga dapat memanfaatkan pos pengamanan terpadu yang terus disiagakan. Jika masyarakat ada keluhan, Listyo menuturkan, masyarakat bisa mengunjungi pos tersebut.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono menilai, kesiapan arus mudik dan balik Lebaran 2023 berjalan lancar. Rivan mengimbau para pemudik untuk selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan, agar mudik menjadi lebih berkesan.

Rivan mengatakan, Jasa Raharja bersama kementerian dan instansi terkait terus berupaya memitigasi berbagai risiko yang akan terjadi selama periode mudik Lebaran tahun ini. “Salah satunya menggelar Mudik Bersama BUMN dengan memberangkatkan puluhan ribu pemudik ke berbagai daerah di Indonesia,” tutur Rivan.

Selain menggunakan moda transportasi bus dan kapal laut, Rivan memastikan juga menyiapkan 30 rangkaian kereta api. Rivan mengungkapkan, kereta api merupakan salah satu moda transportasi primadona masyarakat.

“Oleh karena itu, kesiapan sarana dan prasarana kereta api menjadi salah satu perhatian pemerintah,” ujar Rivan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meminta kepada semua pihak terkait untuk berkolaborasi memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjaga pelaksanaan arus mudik agar dapat berjalan aman.

Budi mengatakan, dengan adanya peningkatan jumlah pemudik di tahun ini, moda kereta api menjadi solusi tepat dan sarana angkutan yang paling banyak diminati. “Untuk itu, kita perlu mengambil langkah-langkah strategis untuk memfasilitasi penumpang agar mereka merasa nyaman selama melakukan perjalanan mudik,” ungkap Budi.

Terpopuler