Puncak Arus Balik di Bandar Udara Halim Perdanakusuma Diprediksi Terjadi Hari Ini

Red: Nora Azizah

Selasa 25 Apr 2023 21:14 WIB

Penumpang memadati terminal keberangkatan Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Foto: Republika/ Wihdan Penumpang memadati terminal keberangkatan Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 terjadi pada Selasa (25/4/2023), mengingat Rabu (26/4/2023) merupakan masa berakhir cuti bersama sehingga para pegawai sudah mulai masuk kerja. Pantauan di Bandara Halim Perdanakusuma melihat aktivitas penumpang yang berangkat maupun kedatangan dan jumlah para pengantar lebih ramai dibanding hari sebelumnya, Senin.

Parkiran kendaraan juga ramai oleh kendaraan penjemput dan pengantar para penumpang yang datang maupun tiba. Beberapa pengantar juga terlihat berinteraksi melepas keberangkatan sanak saudaranya di terminal, saling berpelukan dan mengucapkan kata perpisahan.

Baca Juga

Berdasarkan data yang dihimpun dari Posko Monitoring Angkutan Udara Masa Mudik Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 di Bandara Halim, peningkatan aktivitas penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma terjadi sejak H+1 Lebaran atau tanggal 24 April, yakni 10.663 orang. Jumlah ini berasal dari penumpang yang datang dan berangkat. Kebanyakan adalah penumpang yang datang, yakni sebanyak 5.682 orang, sedangkan yang berangkat 4.980 orang.

"Data penumpang sudah mulai meningkat, kami memprediksi puncak harus balik terjadi hari ini," kata Executive General Manager Kolonel Nav Insan Nanjaya.

Untuk data penumpang pada H+2 Lebaran atau tanggal 25 April hari ini hingga pukul 12.00 WIB, tercatat jumlah penumpang yang tiba sebanyak 2.045 orang dengan 14 penerbangan, sedangkan penumpang yang berangkat sebanyak 2.938 orang dengan 27 penerbangan, sehingga total ada 4.963 orang penumpang. Bandara Halim Perdanakusuma telah menyiapkan pelayanan yang optimal bagi seluruh penumpang dari dan ke Jakarta yang melalui Bandara Halim. Kesiapan tersebut sudah dimulai dari H+1 atau tanggal 24 April 2023.

Menghadapi puncak arus balik ini, Bandara Halim Perdanakusuma mengimbaupara penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama berada di lingkungan bandara dengan tetap menggunakan masker, menjaga kebersihan diri dan juga tetap mematuhi peraturan keamanan dan ketertiban selama berada di bandara maupun di pesawat udara.