Selasa 25 Apr 2023 20:49 WIB

Rangkaian Kegiatan Lebaran Usai, Gubernur Jateng Segera Konsentrasi Arus Balik

Arus balik sudah mulai meningkat dalam dua hari terakhir.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Sragen.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Sragen.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Rangkaian kegiatan untuk mengisi waktu libur Lebaran 1444 Hijriyah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah usai. Ia pun segera kembali ke Semarang untuk 'ngantor' (kembali beraktivitas) pada Rabu (26/4/2023) pagi.

Hal yang krusial segera dilakukan adalah memonitor dan menyiapkan arus balik Lebaran yang masih berlangsung. “Saya ingin memastikan semuanya harus standby (siap siaga) di pos dan tanggung jawabnya masing-masing,” ungkapnya, Selasa (25/4) sore.

Terkait arus balik, gubernur mengaku berbagai persiapan sudah dilakukan jelang arus mudik beberapa waktu lalu. Namun arus balik yang sudah mulai meningkat dalam dua hari terakhir harus terus dimonitor dan mendapatkan perhatian.

“Saya mengimbau kepada semua masyarakat yang akan melakukan arus balik senantiasa berhati-hati,” jelasnya. Selain juga mematuhi dan mengikuti aturan manajemen lalu lintas yang sudah disiapkan agar selama perjalanan kembali ke berbagai daerah di Jakarta maupun Jawa Barat lebih lancar, aman, dan nyaman.

Bagi masyarakat yang sudah mengikuti jadwal arus balik gratis, juga diminta memanfaatkan dengan baik kesempatan tersebut. Tak terkecuali dengan mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

Ratusan bus, moda transportasi darat seperti kereta api, serta moda transportasi kapal laut telah disiapkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang kemarin telah mudik dan akan kembali ke berbagai provinsi di Tanah Air.

“Khusus rombongan mudik/balik gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov Jateng bakal dilaksanakan pada Sabtu 29 April 2023 nanti,” tambah Ganjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement