Rabu 26 Apr 2023 02:39 WIB

Cina Evakuasi 1.000 Warganya dari Sudan Secara Bertahap

Situasi keamanan di Sudan sangat rumit sehingga jadi tantangan bagi proses evakuasi.

Dalam foto yang disediakan oleh Maheen S ini, asap memenuhi langit di Khartoum, Sudan, dekat Rumah Sakit Internasional Doha pada Jumat (21/4/2023).
Foto: Maheen S via AP
Dalam foto yang disediakan oleh Maheen S ini, asap memenuhi langit di Khartoum, Sudan, dekat Rumah Sakit Internasional Doha pada Jumat (21/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pemerintah Cina mengevakuasi secara bertahap sekitar 1.000 lebih warganya dari Sudan yang tengah dilanda konflik bersenjata. "Atas upaya dengan berbagai pihak, sebagian besar warga Cina di Sudan sudah dievakuasi dengan aman secara bertahap," kata juru Kementerian Luar Negeri Cina (MFA) Mao Ning di Beijing, Selasa (25/4/2023).

Sejumlah warga Cina ada yang dievakuasi langsung dari Sudan dan ada yang melalui negara tetangga Sudan. Menurut dia, sampai sekarang proses evakuasi masih berlangsung.

Baca Juga

"Untuk warga Cina yang masih berada di Sudan, kami akan mengatur sesuai keinginan mereka," kata diplomat perempuan itu.

Ia menilai situasi keamanan di Sudan sangat rumit sehingga menjadi tantangan tersendiri saat berupaya melakukan evakuasi warga negara Cina. "Kami melakukan yang terbaik untuk melindungi keselamatan warga kami di Sudan dan membuat rencana yang matang untuk evakuasi," katanya.

Konflik antara Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) telah mengakibatkan pertempuran sengit, termasuk pertempuran tank dan serangan udara yang telah menyebabkan kematian lebih dari 400 dan melukai ribuan lainnya.

Menyusul bentrokan di Khartoum itu, Direktur Jenderal Departemen Urusan Kekonsuleran MFA Wu Xi berjanji akan melakukan upaya terbaik untuk menjamin keselamatan 1.500 warga negara China di Sudan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement