Selasa 25 Apr 2023 20:30 WIB

Dipadati Kendaraan Arus Balik, Tol Fungsional Yogya-Solo Dibuka Hingga 1 Mei

Jumlah kendaraan yang memanfaatkan jalur ini mencapai 60 ribuan kendaraan.

Kendaraan memanfaatkan jalur fungsional jalan tol Solo-Jogja di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kendaraan memanfaatkan jalur fungsional jalan tol Solo-Jogja di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) selaku pengelola tol fungsional Yogyakarta-Solo mulai mengoperasikan ruas tol itu pada Selasa untuk arus balik Lebaran 2023. Tol dibuka dari arah Sawit menuju Ngasem Colomadu, Karanganyar, di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Arus balik yang melintas di jalur tol fungsional ini dari Sawit, Boyolali, menuju simpang empat Ngasem Colomadu yang berjarak sekitar enam kilometer itu, sempat mengalami antrean panjang di simpang empat Ngasem menuju Gerbang Tol Colomadu.

Menurut Direktur Utama PT JMM Suchandra Hutabarat, sesuai rencana arus balik jalur tol Yogyakarta-Solo dari Sawit menuju Ngasem kemudian masuk GT Colomadu mulai dioperasikan untuk fungsional guna mengurangi kemacetan di simpang Kartasura.

"Ternyata, animo masyarakat melintasi tol fungsional ini sangat tinggi. Volume kendaraan yang melintas hingga pukul 16.00 WIB sudah mencapai 6.723 kendaraan," katanya.

 

Dikatakan, arus balik terkendala saat keluar di perempatan Ngasem karena ada rambu lampu merah atau simpang empat. Awalnya, pihaknya meminta bantuan kepolisian saat mendapat waktu 15 detik untuk bisa mengalirkan arus kendaraan keluar dari tol fungsional.

Melalui langkah itu, sudah ada sedikit pengurangan antrean yang mencapai hingga tiga kilometer menuju GT Calomadu. "Kami harap dengan cara buka tutup di pintu masuk tol fungsional Sawit dapat mengurangi penumpukan kendaraan menuju simpang empat Ngasem Colomadu," ujar dia.

Setelah terurai, jalan tol fungsional dibuka lagi hingga pukul 17.00 WIB, sesuai waktu yang direncanakan. Ia mengatakan tol fungsional Yogyakarta Solo direncanakan beroperasi mulai Selasa ini hingga 1 Mei 2023 atau dengan melihat perkembangan situasinya.

Arus mudik Lebaran melalui tol fungsional ini mulai beroperasi Sabtu hingga Senin (15-24/4). Jumlah kendaraan yang memanfaatkan jalur ini mencapai 60 ribuan kendaraan.

"Arus balik kalau melihat kondisi kendaraan seperti saat pembukaan, Selasa ini, diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah kendaraan yang melintas dibanding arus mudik," jelasnya.

Tol fungsional Yogyakarta-Solo beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Karena belum ada penerangan jalan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement