Jelang Arus Balik, Menko PMK Ingatkan Disiplin Waktu Istirahat

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ahmad Fikri Noor

Selasa 25 Apr 2023 06:58 WIB

Suasana rest area fungsional KM 444 B tol Semarang- Solo di Tuntang, Kabupaten Semarang yang mulai dipadati oleh kendaraan arus balik, pada H+2 Lebaran 1444 Hijriyah, Senin (24/4/2023). Foto: Republika/Bowo Pribadi Suasana rest area fungsional KM 444 B tol Semarang- Solo di Tuntang, Kabupaten Semarang yang mulai dipadati oleh kendaraan arus balik, pada H+2 Lebaran 1444 Hijriyah, Senin (24/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyusuri ruas tol dari Cikampek hingga Kalikangkung pada Ahad (23/4/2023). Hal itu dilakukan guna melihat perkembangan arus mudik pasca-Lebaran Idul Fitri 1444 H serta memastikan kesiapannya dalam menyambut arus balik yang akan segera berlangsung. Sejumlah titik didatangi oleh Muhadjir, di antaranya Rest Area Subang, Rest Area Majalengka, serta Gerbang Tol Kalikangkung.

“Alhamdulillah secara umum masih lancar arus mudik terakhir ini, hanya beberapa ruas jalan mengalami kelambanan karena harus berbagi antara mereka yang akan masuk ke rest area, seperti di Rest Area KM 102A dengan mereka yang akan terus melanjutkan perjalanan,” ujar Muhadjir dalam keterangan tertulis, Senin (24/4/2023).

Baca Juga

Saat berada di Reat Area KM 102A, Muhadjir menyampaikan pihaknya telah memberikan arahan kepada jajaran petugas yang ada di lokasi rest area untuk memberi imbauan kepada para pengunjung agar disiplin memperhatikan waktu istirahat. Muhadjir meminta agar para pemudik tidak berlama-lama berada di rest area sehingga dapat bergantian dengan para pemudik lain yang juga ingin bersitirahat.

Hal ini disampaikan agar para pemudik saling memberikan suasana nyaman dan berbagi hak dalam memanfaatkan rest area. Arahan tersebut juga berlaku bagi rest area lain sepanjang ruas tol Cikampek-Kalikangkung.

Dalam perjalanannya dari Subang hingga Kalikangkung, Muhadjir menjelaskan bahwa arus kendaraan berjalan lancar dan tidak menemukan hambatan apapun. Kelancaran arus kendaraan juga dijumpai saat pihaknya menyempatkan diri menuju ke arah Salatiga dalam rangka memastikan kondisi jalan tol ke arah Solo dan Yogyakarta.

“Semuanya termasuk lancar. Memang ada kepadatan, sudah mulai ada perimbangan antara yang arus mudik dari Jakarta dan ada juga yang sudah mulai kemas-kemas arus balik menuju ke Jakarta,” kata Muhadjir.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah memberikan himbauan kepada para pemudik untuk terus berhati-hati dalam perjalanan. Dalam himbauannya, Presiden Jokowi turut meminta agar para pemudik yang tidak memiliki urusan mendesak di Jakarta untuk dapat menunda atau mengundur jadwal kembalinya ke tempat kerja. Para pemudik disarankan kembali pada tanggal 27-30 April sehingga dapat menghindari kepadatan puncak arus balik yang diprediksi akan berlangsung pada tanggal 24 dan 25 April.

“Saya ingatkan sekali lagi bahwa mulai tanggal 27-29 April seluruh ruas tol dari Kalikangkung menuju Cikampek mendapatkan potongan 20 persen bagi mereka yang akan mudik. Batas waktunya mulai tanggal 27 April jam 06.00 pagi, dan berakhir pada 29 April jam 06.00 pagi juga,” ujar Muhadjir.

Terpopuler