Meriahnya Sholat Idul Fitri di Masjid Osaka Jepang, Digelar Sampai 6 Gelombang

Red: Nashih Nashrullah

Senin 24 Apr 2023 23:08 WIB

Masjid Istiqlal Osaka Jepang. Sholat Idul Fitri di Masjid Osaka Jepang dihadiri ribuan jamaah Foto: Dok Istimewa Masjid Istiqlal Osaka Jepang. Sholat Idul Fitri di Masjid Osaka Jepang dihadiri ribuan jamaah

REPUBLIKA.CO.ID, OSAKA— Umat Islam di Jepang menyambut semarak pelaksanaan sholat  Idul Fitri yang dilaksanakan di Masjid Istiqlal Osaka (MIO), Sabtu (22/4/2023) waktu setempat.  

Pelaksanaan sholat  Idul Fitri di masjid terbesar di Osaka tersebut disambut gembira oleh umat Islam yang berdomisili di Jepang, khususnya Prefektur Osaka.  

Baca Juga

Tercatat lebih dari lima ribu jamaah yang mendaftar untuk pelaksanaan sholat  melalui website MIO. Agar tidak terjadi penumpukan, pihak pengurus masjid merencanakan untuk memecah jamaah menjadi lima kloter. 

Namun demikian, saat perayaan jumlah jamaah yang hadir justru bertambah menjadi enam ribu orang sehingga diputuskan pelaksanaan sholat  Idul Fitri dibagi menjadi delapan kloter. 

Salah satu alasan ramainya jamaah yang hadir dalam pelaksanaan sholat  salah satunya adalah karena Masjid Istiqlal Osaka berada di lokasi yang strategi dan akses yang mudah di jangkau. 

Jamaah yang hadir didominasi oleh warga Indonesaia serta beberapa warga negara lain seperti dari Bangladesh, Pakistan, dan Sri Langka.

Di samping itu, suksesnya pelaksanaan sholat  ini salah satunya didukung oleh panitia masjid yang turut bekerja sama dengan Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Osaka. 

Malam sebelum melaksanakan sholat  Idul Fitri, segenap pengurus masjid beserta jamaah ikut merayakan malam takbiran. Kegiatan ini dihadiri oleh muslim di sekitar Osaka dengan melaksanakan takbiran keliling. 

Ketua Yayasan Masjid Istiqlal Osaka, Ustadz Herizal Adhardi, menyampaikan Masjid Istiqlal Osaka masih perlu dukungan umat Muslim khususnya di Jepang untuk perkembangannya. 

“MIO diharapkan menjadi salah satu tempat yang bisa digunakan bagi warga muslim Indonesia di Jepang untuk berkumpul. Kami terus mohon dukungannya serta doa dari seluruh umat Islam untuk kelancaran renovasi tahap berikutnya bangunan MIO kedepannya,” kata dia. 

Baca juga: Yang Terjadi Terhadap Tentara Salib Saat Shalahuddin Taklukkan Yerusalem

Masjid Istiqlal Osaka berdiri di berlokasi di 1 Chome-2-10 Nakabiraki, Nishinari Ward, Osaka, 557-0022, Jepang. Masjid ini terletak dengan stasiun di antaranya adalah Imamiya Station (Osaka Loop Line), Shin Imamiya Station (Osaka Loop Line & Nankai Line), Daikokuchou Station (Midosuji Metro Line).  

Sebelumnya, pada 6 Maret 2023 lalu, Masjid Istiqlal Osaka telah melakukan peresmian yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin. 

Terhitung sejak 2022 masjid mulai digunakan untuk kegiatan keagamaan seperti sholat, pengajian, maupun kegiatan komunitas Muslim lainnya di Jepang.      

Terpopuler