Senin 24 Apr 2023 12:05 WIB

Cuaca Lagi Panas-panasnya, Begini Cara Melindungi Mata dari Sinar Matahari

Berikan proteksi ekstra pada mata dan kulit dari paparan sinar matahari.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang laki-laki berdiri di areal tugu Mataram Metro dengan latar belakang Halo Matahari di Mataram, NTB, Selasa (19/7/2022). Lindungi mata dari paparan sinar matahari.
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Seorang laki-laki berdiri di areal tugu Mataram Metro dengan latar belakang Halo Matahari di Mataram, NTB, Selasa (19/7/2022). Lindungi mata dari paparan sinar matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinar matahari di musim kemarau bisa sangat merusak jika mata tidak dilindungi dengan baik. Sinar ultra violet (UV) adalah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik.

Meskipun tidak terlihat dengan mata telanjang karena memiliki panjang gelombang yang sangat pendek, sinar ini dapat menembus jaringan mata dan berpotensi meningkatkan risiko berbagai masalah mata. Sinar UV matahari terdiri dari tiga jenis, yakni UVA, UVB, dan UVC.

Baca Juga

Sinar UVA menembus jauh ke dalam mata dan memengaruhi penglihatan sentral manusia. Sinar ini langsung menuju retina dan merusak makula.

Sementara itu, sinar UVB lebih dangkal, namun ini juga berbahaya bagi mata kita dan dapat menyebabkan mata kering dan kerusakan kornea. UVC memancarkan lebih banyak energi daripada UVA dan UVB, namun sebagian besar terhalang oleh lapisan ozon bumi.

Jika menyentuh kulit manusia, sinar ini berpotensi merusak DNA sel kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit. Meskipun pengaplikasian tabir surya (sunscreen) bisa melindungi kulit dari sinar matahari, namun para ahli menyarankan untuk menambah lapisan filter ekstra agar bisa mencegah berbagai penyakit degeneratif.

Dokter spesialis mata yang berbasis di India, Neeraj Sanduja, mengatakan bahwa penting untuk melindungi mata dari panas terik matahari untuk menghindari penyakit mata seperti pinguecula, katarak, degenerasi makula yang berkaitan dengan usia (AMD). Kondisi itu dapat mengaburkan penglihatan sentral dan masih banyak lagi.

"Tergantung pada frekuensi dan intensitas paparan sinar matahari dan langkah-langkah yang diambil untuk melindungi mata kita, radiasi UV dari matahari dapat menyebabkan katarak, degenerasi makula, mata kering, luka bakar kornea, dan kanker pterigium pada kelopak mata," kata dr Neeraj, seperti dilansir India Today, Jumat (21/4/2023).

Dokter Neeraj juga memberikan beberapa tips untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari, berikut uraiannya:

1. Kenakan kacamata hitam

Dokter Neeraj mengatakan, kacamata hitam bisa menjadi pilihan untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari. Idealnya pilih kacamata hitam yang menawarkan perlindungan penuh terhadap sinar UV atau berlabel UV 400.

"Bisa juga memilih lensa transisi atau photo chromatic lenses. Ada beberapa pilihan untuk perlindungan seperti pelapis dan bahan lensa pelindung UV," kata dr Neeraj.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement