Ahad 23 Apr 2023 17:26 WIB

Masyarakat Diajak Jadikan Momen Idul Fitri untuk Pererat Silaturahmi

Diharapkan nilai-nilai ibadah Ramadhan selalu ada dalam kehidupan sehari-hari.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Idul Fitri 1444 H (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Idul Fitri 1444 H (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Momen lebaran menjadi saat tepat bagi masyarakat Indonesia khususnya umat muslim dalam mempererat persatuan. "Setelah sebulan berpuasa, Insyaallah menjadikan kita sebagai pribadi yang takwa, sabar, serta tawakal. Kini tibalah hari kemenangan, hari suci Idul Fitri," kata CEO klub sepak bola Tanah Air, Kalteng Putra FC, Agustiar Sabran, Ahad (23/4/2023). 

Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng ini pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momen Idul Fitri sebagai ajang mempererat tali silaturahmi.

Baca Juga

Baik antarkeluarga dan sesama anak bangsa. Menurutnya, kehangatan silaturahmi akan mempererat persatuan bangsa dan negara.

"Tunaikan nilai-nilai ibadah Ramadhan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa membantu mereka yang membutuhkan,” ucapnya.

Agustiar juga mengimbau masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idulfitri dengan penuh kegembiraan.

Apalagi saat ini Indonesia sudah tidak berada dalam status PPKM, sehingga masyarakat bisa berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Lebaran.

“Rayakan Hari Kemenangan dengan sukacita bersama orang-orang terkasih dengan penuh rasa syukur,” tutur Agustiar.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Harian PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) ini mengungkapkan bahwa budaya silaturahmi sudah menjadi ciri khas Bangsa Indonesia sejak lama. 

Agustiar menyebut, agama dan budaya merupakan dua hal yang bisa saling terkoneksi dan tidak bisa terpisahkan.

"Momen halalbihalal atau silaturahmi Lebaran sudah ada sejak zaman dulu di Indonesia dan merupakan gagasan Bung Karno. Lewat inisiasi Bung Karno, para elite berkumpul untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan di momen Idulfitri," ucapnya.

“Gagasan yang baik itu pun sampai saat ini masih terus ada. Memelihara ajaran yang baik, tentunya juga akan menghasilkan hal yang baik untuk bangsa dan negara,” tambah Agustiar.

Tak lupa, Agustiar juga mengingatkan kepada masyarakat yang melakukan mudik ke kampung halaman pada momen Idulfitri ini untuk tetap waspada dan berhati-hati.

"Saya mengimbau Bapak, Ibu, dan Saudara-Saudara sekalian, untuk tetap berhati-hati saat mudik dan juga saat arus balik nantinya," ucap Agustiar.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadan diterima Allah SWT," kata Anggota DPR RI ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement