Sabtu 22 Apr 2023 12:38 WIB

Ridwan Kamil: Pelaksanaan Idul Fitri 1444 Hijriah di Jabar Lancar

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan Hari Raya Idul Fitri di Jabar kondusif.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan keterangan pers di Masjid Al-Jabbar seusai melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah, Sabtu (22/4/2023).
Foto: Republika/Muhammad Rizki Triyana
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan keterangan pers di Masjid Al-Jabbar seusai melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah, Sabtu (22/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di wilayah Jawa Barat, Sabtu (22/4/2023) pagi berjalan lancar. Meski terdapat perbedaan hari raya Idul Fitri. Namun, pelaksanaan berjalan kondusif.

"Alhamdulillah saya pantau di seluruh Jawa Barat relatif lancar, baik mudik maupun pelaksanaan Idul Fitri. Terjadi dua Lebaran saya kira tidak ada masalah," ujarnya kepada wartawan seusai shalat Idul Fitri di halaman Masjid Al-Jabbar, Sabtu (22/4/2023).

Baca Juga

Ia mengaku memantau pelaksanaan shalat Idul Fitri sejak Jumat (21/4/2023) kemarin hingga hari ini. Seluruh kegiatan shalat Idul Fitri berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Kemarin saya pantau juga lancar yang di hari Jumat dan sekarang mayoritas di hari sabtu juga lancar," katanya.

Pria yang akrab disapa Emil mengucapkan terima kasih kepada para petugas yang tidak melaksanakan lebaran karena harus menjaga arus mudik di pos masing-masing. Ia pun mengapresiasi jurnalis yang bekerja di hari Idul Fitri.

"Saya ucapkan Idul Fitri kepada para jurnalis yang bekerja di hari H lebaran ini, mudah-mudahan tugasnya menjadi sebuah kebaikan yang menjadi doa," katanya.

Shalat Idul Fitri yang pertama kali dilaksanakan di halaman Masjid Al-Jabbar, ia mengaku merupakan peristiwa bersejarah. Emil melihat suasana Al Jabbar di pagi hari yang bagus dan cerah.

"Tentunya ini peristiwa bersejarah ya pertama kali dan mungkin akan dijadikan tradisi karena suasananya bagus gitu, ada lapangan besar, setelahnya mau jalan-jalan melihat-lihat warga juga senang," ungkapnya.

Apalagi, ia mengungkapkan gerbang tol keluar kilometer 149 Gedebage sudah dibuka. Meski terjadi peningkatan pemudik di tahun 2023, ia mengatakan arus mudik berjalan lancar.

"Ruas jalan (km) 149 sudah dibuka, dua ruas tol juga sudah dibuka, jadi tahun ini walaupun naik 44 persen dari 80 juta ke 120 juta, tapi terpantau sama pa Kapolda relatif lancar ya jadi mari kita syukuri," katanya.

Ribuan warga Jawa Barat memadati halaman hingga taman Masjid Al-Jabbar, Sabtu (22/4/2023) pagi. Mereka melaksanakan shalat lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pantauan, jamaah memadati halaman masjid untuk shalat Idul Fitri 1444 Hijriah. Hadir Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum beserta jajaran di lingkungan Pemprov Jabar.

Selain itu turut hadir Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus dan Wakapolda Jawa Barat dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar. Imam shalat Idul Fitri KH Rifat Aby Syahid dan Khatib Rektor UIN Sunan Gunung Djati, Prof Mahfud.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement