Para Pemimpin Uni Emirat Arab Ucapkan Tahniah Idul Fitri: Semoga Kebahagian untuk Kita

Rep: Amri Amrullah / Red: Nashih Nashrullah

Jumat 21 Apr 2023 17:03 WIB

Muslim di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Uni Emirat Arab merayakan Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023 Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER Muslim di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Uni Emirat Arab merayakan Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI –  Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Sheikh Mohamed menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada seluruh umat Islam yang merayakannya di seluruh dunia. 

Pemimpin Uni Emirat Arab itu mengucapkan selamat Idul Fitri kepada rakyatnya dan semua orang Islam di seluruh dunia, dan berharap keberkahan Ramadhan. 

Baca Juga

Di awal, Presiden Sheikh Mohamed menyampaikan salam kepada para penguasa emirat, warga negara dan penduduknya, dan para pemimpin negara-negara Arab dan Islam serta seluruh umat Islam di seluruh dunia. 

"Berharap semua umat Islam sehat dan bahagia, serta lebih banyak kemajuan dan kemakmuran," kata Presiden Sheikh Mohamed, melalui kantor berita resmi Wam melaporkan, sebagaimana dilansir thenational, Jumat (21/4/2023).  

Sheikh Mohammed bin Rashid, Wakil Presiden dan Penguasa Dubai, juga mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri dan mengucapkan selamat kepada masyarakat UEA dan semua orang Arab dan Muslim di seluruh dunia. 

"Selamat Idul Fitri untuk UEA dan rakyatnya, untuk negara-negara Arab dan Islam dan untuk dunia," tulis Sheikh Mohammed bin Rashid di Twitternya. 

"Semoga Allah menerima ketaatan Anda, mengabadikan kegembiraan Anda dan memenuhi semua aspirasi Anda."   

Sheikh Mansour bin Zayed, Wakil Presiden, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pengadilan Kepresidenan, juga mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri. 

Idul Fitri di negara Burj Khalifa ini dimulai pada hari Jumat (21/4/2023). Komite Pengamat Bulan negara tersebut, sekelompok astronom, pejabat pengadilan dan penasihat dari otoritas Islam UEA, melihat bulan sabit baru pada hari Kamis, yang mengindikasikan Syawal, bulan kesepuluh dalam kalender Islam, akan dimulai pada hari berikutnya.

Kamis kemarin menjadi hari ke-29 dan hari terakhir bulan Ramadan tahun ini bagi Muslim di Uni Emirat Arab. 

Bulan suci ini berlangsung selama 29 atau 30 hari, tergantung kapan bulan sabit terlihat, karena kalender Islam didasarkan pada siklus bulan. 

Hari libur berlaku untuk Idul Fitri bagi sektor publik dan swasta telah diumumkan. Para karyawan mulai libur selama empat hari pada hari Kamis dan akan kembali bekerja pada hari Senin.