Jumat 21 Apr 2023 07:55 WIB

Persiapan Sholat dan Perayaan Idul Fitri Umat Muslim di Inggris

Perayaan Idul Fitri di Inggris digelar di Small Heath Park.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Friska Yolandha
Small Heath Park di Birmingham, Inggris. Inggris akan menggelar perayaan Idul Fitri di Slamm Heath Park.
Foto: Birmingham Live
Small Heath Park di Birmingham, Inggris. Inggris akan menggelar perayaan Idul Fitri di Slamm Heath Park.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan jamaah diprediksi akan memadati Masjid Raya Green Lane dan Pusat Komunitas Muslim Iggris (GLMCC) Birmingham, Inggris, untuk melaksanakan sholat Idul Fitri berjamaah. Dilansir di About Islam, Jumat (22/4/2023), perayaan Idul Fitri ditetapkan untuk kembali ke Small Heath Park pada tahun 2023 dalam acara tahunan yang telah menjadi pertemuan Idul Fitri terbesar di Eropa.

Menjadi tuan rumah sholat, Masjid Green Lane dan Pusat Komunitas (GLMCC) Birmingham mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan perayaan Idul Fitri tahunan di Small Heath Park bulan ini setelah dua tahun gangguan karena pandemi.

Baca Juga

Menunggu penampakan bulan, perwakilan GLMCC mengatakan, mereka akan mengadakan perayaan Idul Fitri besar-besaran pada tanggal 21 atau 22 April.

“Idul Fitri di Small Heath Park akan diadakan dengan perkiraan ribuan pengunjung. Orang diharapkan tiba dari pukul 8 pagi dengan sholat dilakukan tepat pukul 9.30 pagi,” bunyi pernyataan resmi GLMCC dalam sebuah pernyataan.

Tak hanya itu, pihak GLMCC akan mengadakan kegiatan di Small Heath Park, termasuk Pameran Hiburan Robert Wilkinson reguler, untuk dinikmati keluarga setelah sholat selesai. Pihak GLMCC juga memprediksi bahwa akan ada kemungkinan cuaca basah untuk sholat dalam ruangan di Masjid Green Lane jika cuaca tidak memungkinkan untuk sholat di luar. Sholat di dalam ruangan akan berlangsung dari jam 7 pagi sampai jam 10 pagi.

"Rincian lebih lanjut akan diberikan di waktu yang lebih dekat," lanjut pernyataan tersebut.

Sholat Idul Fitri terpisah juga akan diadakan di Stadion Edgbaston, seperti yang terjadi tahun lalu. 

Idul Fitri adalah salah satu dari dua perayaan tahunan utama bagi komunitas Muslim, di mana umat Islam berkumpul untuk merayakan akhir Ramadhan, setelah sebulan penuh berpuasa. Ketua Pengawas di Masjid dan Komunitas Jalur Hijau Mohammed Saeed mengatakan, Idul Fitri adalah waktu bagi masyarakat untuk beribadah bersama, bersyukur, dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

"Idul Fitri sekaligus menandai berakhirnya puasa Ramadhan," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement