Kamis 20 Apr 2023 16:00 WIB

Jelang Idul Fitri, Israel Kembali Menyerang Masjid Al Aqsa

Zionis Israel kembali berulah jelang Idul Fitri.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
 Jelang Idul Fitri, Israel Kembali Menyerang Masjid Al Aqsa. Foto:  Seorang tentara Israel melemparkan granat suara ke warga Palestina saat bentrokan dengan pengunjuk rasa Palestina setelah protes terhadap pemukim Israel yang berkumpul di dekat pos terdepan Avitar, dekat desa Beita di Tepi Barat, Senin (10/4/2023). Dua puluh lima warga Palestina terluka dalam bentrokan tersebut, kata kementerian kesehatan Palestina.
Foto: EPA-EFE/ALAA BADARNEH
Jelang Idul Fitri, Israel Kembali Menyerang Masjid Al Aqsa. Foto: Seorang tentara Israel melemparkan granat suara ke warga Palestina saat bentrokan dengan pengunjuk rasa Palestina setelah protes terhadap pemukim Israel yang berkumpul di dekat pos terdepan Avitar, dekat desa Beita di Tepi Barat, Senin (10/4/2023). Dua puluh lima warga Palestina terluka dalam bentrokan tersebut, kata kementerian kesehatan Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menjelang Idul Fitri, Zionis Israel kembali berulah. Kali ini mereka melakukkan penggerebekan dan penyerangan ke Masjid Al Aqsa.

Dilansir di Arab News, Kamis (20/4/2023), penggerebekan Israel di Al Aqsa berlanjut saat akhir Ramadhan. "Untuk itu komunitas internasional harus mencegah eskalasi aktivitas Israel yang berbahaya di Yerusalem di tengah lonjakan kekerasan dan penangkapan," kata Menteri Urusan Yerusalem Palestina, Fadi Al-Hadmi.

Baca Juga

Seruannya datang ketika tentara dan polisi Israel meningkatkan serangan ke Masjid Al-Aqsa dua hari sebelum akhir Ramadhan, dan meningkatkan penangkapan warga Palestina di Yerusalem Timur dan Tepi Barat. Sumber-sumber Palestina mengatakan bahwa otoritas Israel mengumpulkan 13 orang saat fajar pada hari Rabu.

Pada Rabu sore, banyak polisi Israel dan personel penjaga perbatasan menyerbu halaman Dome of the Rock di Masjid Al-Aqsa untuk menurunkan bendera Palestina untuk kedua kalinya hari itu. Sumber-sumber Palestina mengatakan pasukan Israel pertama kali menyerbu masjid saat fajar, melepas dan menyita spanduk yang tergantung di tiang. Namun kegiatan awal tersebut gagal yang berujung pada penurunan bendera Palestina, sehingga otoritas Israel kembali menyerbu masjid tersebut.

Israel menggunakan tangga untuk menyita bendera tersebut. Al-Hadmi mengutuk perkembangan yang terjadi di Yerusalem dalam beberapa pekan terakhir.

Gereja juga diserang

Dia merujuk terutama pada serangan terhadap jamaah, serta larangan shalat di Masjid Al-Aqsa selama bulan Ramadhan, dan di Gereja Makam Suci selama Sabtu Suci.

“Polisi pendudukan secara brutal menyerang jamaah di Masjid Al-Aqsa dan memberlakukan pembatasan masuknya jamaah untuk membuka jalan bagi serbuan pemukim ke dalam masjid. Mereka juga menyerang para peserta perayaan Sabtu Suci dan mencegah sejumlah besar dari mereka mencapai Gereja Makam Suci," kata Al-Hadmi.

Menteri ini juga memperingatkan bahwa rencana pemukiman ekstensif sedang disiapkan di berbagai komite Israel. Dia merujuk pada rencana untuk menghancurkan puluhan bangunan komersial di lingkungan Wadi Al-Joz, untuk menerapkan apa yang disebut rencana Lembah Silikon dan untuk membangun ratusan unit permukiman di tanah Palestina di kota tersebut.

“Sekali lagi, perkembangan terakhir di kota Yerusalem yang diduduki telah membuktikan tanpa keraguan bahwa pendudukan adalah penyebab konflik di kota tersebut dan bahwa kekerasan dan pelanggaran pemukim adalah bahan bakar dari konflik ini.

Untuk itu dia menekankan bahwa keamanan dan stabilitas yang diinginkan di kota akan tercapai dalam acara tersebut untuk mengakhiri pendudukan. Pernyataan Al-Hadmi disampaikan ketika Ramzi Khoury, kepala Komite Kepresidenan Tinggi untuk Menindaklanjuti Urusan Gereja di Palestina, meminta gereja-gereja Kristen di seluruh dunia untuk menekan otoritas Israel agar mengakhiri serangan.

Khoury mengatakan bahwa polisi Israel atau otoritas lain tidak berhak untuk memberlakukan pembatasan atau mencegah jamaah menjalankan agama mereka. Dalam pesannya, Khoury meminta gereja-gereja di seluruh dunia untuk bekerja dengan serius dan menekan pemerintah untuk melestarikan apa yang tersisa dari komunitas Kristen Palestina.

Dia mengatakan bahwa orang Kristen mengalami banyak tekanan melalui pembatasan pendudukan terhadap praktik ritual keagamaan mereka, serta serangan berulang. Jemaat gereja berbicara kepada anggota pasukan keamanan Israel yang melarang pintu masuk di kota tua Yerusalem yang mengarah ke Gereja Makam Suci, saat umat Kristen Ortodoks merayakan Sabtu Paskah, pada 15 April 2023.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement