Jumat 21 Apr 2023 16:00 WIB

Kue Kering Termasuk Makanan Kalori Kosong, Berapa Banyak Boleh Dimakan?

Kue kering seperti nastar dan lidah kucing biasanya terhidang saat Lebaran.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kue Lebaran (Ilustrasi). Meskipun kalorinya terlihat kecil, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak maka kue lebaran akan tetap besar juga kandungannya.
Foto: Republika/Prayogi
Kue Lebaran (Ilustrasi). Meskipun kalorinya terlihat kecil, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak maka kue lebaran akan tetap besar juga kandungannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain ketupat, makanan favorit pada Hari Raya Idul Fitri adalah kue kering. Aneka kue seperti nastar, lidah kucing, dan kue kacang biasa disajikan di tengah keluarga untuk kemudian disantap bersama.

Meskipun rasanya enak, namun kita jangan mengonsumsinya secara berlebih. Pasalnya, kalori dari kue kering bisa sangat banyak jika dikonsumsi berlebih, dan itu pada akhirnya berkontribusi pada kenaikan berat badan.

Baca Juga

Berbicara soal kalori, berapa banyak kandungannya dalam kue kering khas lebaran ya? Melalui saluran Youtube The Doctor’s Diet, dokter umum yang juga ahli di bidang nutrisi dan fitnes, Dion Haryadi, memerinci jumlah kalori pada aneka kue kering dari Loyang Rasa.

Di video tersebut, dr Dion juga menggunakan timbangan makanan untuk mencari tahu rata-rata dari kalori setiap kue. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan dari dr Dion!

1. Kue Nastar

Dari hasil perhitungan dr Dion, berat rata-rata 1 buah nastar adalah 10 gram, dan kalorinya hanya sekitar 24 kkal (kilokalori) untuk satu pcs kalori nastar. Jadi untuk 100 gram nastar dikalikan 10, berarti 240 kkal.

"Tapi nastar itu sedikit beda dengan kue lainnya. Kan nastar itu ada selai di dalamnya, dan jumlah gula yang digunakan untuk selai tersebut memengaruhi jumlah kalori per 100 gramnya. Dan pastinya kue kering itu juga berbeda-beda ya. Jadi pasti ada selisih-selisihnya," kata dr Dion seperti dikutip Kamis (13/4/2023).

2. Kue thumbprint

Dokter Dion mengatakan, berat rata-rata satu buah kue thumbprint, yaitu 7,6 gram. Jadi per 1 buah thumbprint kalorinya bisa mencapai 44 kkal.

"Perhitungan untuk thumbprint sendiri saya hitung adonannya dan setelah itu saya tambahkan lagi hitungan untuk selainya. Untuk selai saya perkirakan setengah sendok teh, jadi akhirnya kalori yang saya dapatkan dari 1 pcs (7,6 gram) sama dengan 44 kkal. Jadi kalori per 11 gram nya sekitar 586 kkal," kata dr Dion

3. Kue lidah kucing

Berat rata-rata 1 buah lidah kucing sekitar 4,3 gram, adapun kalorinya hanya 21 kkal. Jadi untuk 100 gram kalorinya 433 kkal. Menurut dr Dion, kalori dari kue lidah kucing terbilang sedikit jika dibandingkan kue nastar atau thumbprint.

Akan tetapi, meskipun kalorinya terlihat kecil, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak maka akan tetap besar juga. Karenanya, dr Dion meminta untuk tetap membatasi asupan kue lidah kucing.

4. Kue emping

Kue emping terbuat dari emping melinjo yang sudah digoreng, kemudian di adon menjadi kue. Dari perhitungan dr Dion, berat rata-rata 1 pcs kue emping adalah 6,6 gram, dan untuk 1 buah kalorinya sekitar 32 kkal. Jadi 100 gramnya sekitar 485 kkal.

5. Kue Choco chip 

Menurut perhitungan dr Dion, berat rata-rata per 1 buah choco chip cookies adalah 6 gram, dan kalorinya sekitar 29 kkal. Jadi kurang lebih kalori 100 gram choco chip cookie adalah 491 kkal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement