Rabu 19 Apr 2023 14:51 WIB

Ganjil-Genap, Arus Lalu Lintas di Puncak Bogor Sedikit Meningkat

Polres Bogor menerapkan sistem ganjil-genap hari pertama menuju Jalur Puncak.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Kondisi arus lalu lintas di Jalur Puncak ketika diterapkan ganjil-genap, tepatnya di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Rabu (19/4/2023).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Kondisi arus lalu lintas di Jalur Puncak ketika diterapkan ganjil-genap, tepatnya di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Rabu (19/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Polres Bogor menerapkan sistem ganjil-genap kendaraan bermotor di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor selama cuti bersama mulai Rabu (19/4/2023) hingga Selasa (25/4/2023). Dalam penerapan ganjil-genap hari pertama, arus lalu lintas di Jalur Puncak mulai sedikit mengalami peningkatan.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto, mengatakan, dibandingkan hari-hari biasa selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah, arus lalu lintas di Jalur Puncak mulai dari Simpang Gadog mulai ada sedikit peningkatan. Namun peningkatan tersebut terpantau tidak terlalu signifikan.

Kendati demikian, Polres Bogor tetap melaksanakan pemeriksaan ganjil-genap terhadap kendaraan bermotor sejak pukul 07.00 WIB. Ardian mengatakan, penerapan ganjil-genap ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 84 Tahun 2021, terkait pemberlakukan ganjil-genap di libur nasional.

"Karena cuti bersama ini berarti dikategorikan libur nasional. Namun pelaksanaannya kami secara situasional. Apabila arus kendaraan menuju kawasan Puncak tidak terlalu banyak, maka nanti untuk waktunya kami sesuaikan," kata Ardian di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023).

Pantauan Republika.co.id di Simpang Gadog, kendaraan yang masuk ke Jalur Puncak dari Exit Tol Gadog ramai lancar. Meski ada pemeriksaan ganjil-genap, tidak terjadi antrean kendaraan.

Ardian mengatakan, sejak Selasa (18/4/2023) malam WIB, terpantau sudah ada pemudik yang melintas di Jalur Puncak. Sehingga jumlah kendaraan yang melalui Jalur Puncak memang mengalami peningkatan.

Ardian mengatakan, sistem ganjil-genap juga diterapkan bagi para pemudik. Agar masyarakat yang akan melaksanakan mudik melalui Jalur Puncak sudah mempersiapkan dan merencanakan waktu keberangkatan.

"Sehingga apabila sudah merencanakan waktu keberangkatan, berarti untuk merencanakan terkait kondisi kendaraan, fisik pengendara dan penumpangnya sudah direncanakan dengan baik. Sehingga pada saat berada di perjalanan tidak mengalami kendala apapun," kata Ardian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement