Agar Puasa dan Mudik Tetap Lancar, Ini Kiatnya

Red: Friska Yolandha

Rabu 19 Apr 2023 12:25 WIB

Pemudik berbuka puasa dengan bantuan penerangan senter dari telepon genggam saat beristirahat di Rest Area Sementara 81A Tol Cipali arah Palimanan, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Keberadaan Rest Area Sementara itu untuk memecah kepadatan pemudik di Rest Area yang ada di jalur Tol Cipali. Nantinya, Rest Area Sementara itu akan dibangun secara permanen menjadi Rest Area dengan kategori Grade A. Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Pemudik berbuka puasa dengan bantuan penerangan senter dari telepon genggam saat beristirahat di Rest Area Sementara 81A Tol Cipali arah Palimanan, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Keberadaan Rest Area Sementara itu untuk memecah kepadatan pemudik di Rest Area yang ada di jalur Tol Cipali. Nantinya, Rest Area Sementara itu akan dibangun secara permanen menjadi Rest Area dengan kategori Grade A.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivitas mudik membutuhkan persiapan yang matang khususnya bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh, membawa barang bawaan yang tidak sedikit dan belum lagi aktivitas ini dilakukan dalam kondisi berpuasa. Dibutuhkan persiapan yang matang agar perjalanan mudik bisa dilakukan dengan lancar meskipun sedang berpuasa.

Agar mudik aman dan nyaman, juga kualitas puasa tetap terjaga meski sedang dalam perjalanan mudik, berikut tips dari Pegipegi melalui keterangan tertulis yang diterima Rabu (19/4/2023).

Baca Juga

Berkemas saat malam hari

Pada saat mudik, biasanya orang-orang menghabiskan waktu yang cukup lama di kampung halaman. Ini artinya diperlukan barang bawaan yang tidak sedikit, belum lagi oleh-oleh untuk keluarga.

Oleh karena itu, saat berkemas, diperlukan tenaga dan ketelitian ekstra sehingga bawaan bisa lebih rapi dan mudah dibawa saat perjalanan. Orang-orang disarankan berkemas saat malam hari setelah berbuka karena pada saat itu mereka sudah punya tenaga lebih dan berkemas pun bisa dilakukan lebih maksimal.

Sahur dengan menu sehat dan porsi yang cukup

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan diri tidak melewatkan makan sahur. Ini karena mudik membutuhkan energi, dan biasanya sarana transportasi umum sangat padat sehingga para pemudik harus berjibaku dengan pemudik lain. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan porsi yang cukup agar mempunyai tenaga.

Konsumsi multivitamin

Terkadang, makanan sehat saja belum cukup sehingga seseorang bisa menambahkan konsumsi multivitamin sebagai cadangan energi saat mudik. Untuk wanita, bisa memilih multivitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi. Sedangkan untuk pria, dapat memilih kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi agar kondisi fisik dalam perjalanan dapat terjaga dengan baik.

 

Terpopuler