Alasan Masjid Darussalam Ganjuran Gelar Sholat Idul Fitri Dua Hari 

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 18 Apr 2023 15:17 WIB

Spanduk informasi pelaksanaan sholat Idul Fitri 1444 H yang digelar Masjid Darussalam Ganjuran, Condongcatur, Depok, Sleman. Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro Spanduk informasi pelaksanaan sholat Idul Fitri 1444 H yang digelar Masjid Darussalam Ganjuran, Condongcatur, Depok, Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Masjid Darussalam Ganjuran, Manukan, Condongcatur, Sleman akan menggelar sholat Idul Fitri dua hari berturut-turut, yaitu di hari Jumat (21/4/2023), dan Sabtu (22/4/2023). Ketua Panitia Masjid Darussalam Ganjuran, Purnomo Putro mengatakan, hal tersebut bertujuan untuk memfasilitasi baik jamaah yang meyakini hisab maupun jamaah yang ikut pemerintah.

Sholat idul fitri digelar di Lapangan Sepak Bola Ganjuran, Manukan, Condongcatur, Depok, Sleman pukul 07.00-07.45 WIB. 

Baca Juga

"Jadi memang benar kita akan mengadakan dua kali itu seandainya terjadi perbedaan antara keputusan pemerintah dengan yang berdasarkan hisab," kata Purnomo kepada Republika, Selasa (18/4/2023). 

Purnomo mengatakan masyarakat menyambut baik kegiatan tersebut. Selain untuk mewujudkan ukhuwah islamiyah antar sesama muslim, kegiatan tersebut juga menumbuhkan sikap toleransi antarumat muslim. 

"Yang paling utama lagi kami mengedepankan ukhuwah islamiyab untuk menjaga persatuan dan kesatuan jamaah kami, jadi saling toleransi," ujarnya.

"Kami pun sebagai panitia tidak merasa menzalimi juga memaksakan untuk ikut salah satu," imbuhnya.

Purnomo menjelaskan digelarnya dua kali pelaksanaan sholat Idul Fitri membuat masyarakat bisa memilih sesuai dengan apa yang mereka yakini. Dengan demikian maka keharmonisan di desa mereka tetap terjaga dan merayakan idul fitri dengan kegembiraan tanpa kecurigaan.

"Alhamdulillah qodratullah sekarang walaupun misalnya nanti terjadi perbedaan yang kami rasakan di kampung kami sekarang lebih harmonis," ucapnya. 

Ia juga berharap upaya yang dilakukan Masjid Darusssalam dapat menjadi oase dalam menyikapi perbedaan. 

"Kalau saya bilang oase ukhuwah islamiyah dari desa  yang mungkin tidak banyak orang tahu tapi kami bisa merespons apa yang diinginkan oleh jamaah untuk menyikapi perbedaan ini. Dan mungkin ini bisa yang menjadi counter lah terhadap berita-berita ketika ada perbedaan ada penolakan,  tapi ini bisa meng-counter lah bahwa ada lho desa kecil yang bisa menjaga ukhuwah islamiyah untuk menjaga keharmonisan umatnya atau jamaahnya," terang Ketua RT 03 tersebut. 

Berdasarkan pantauan Republika, terpasang dua spanduk berukuran besar bertuliskan 'Hadiri & Ikuti Sholat Idul Fitru 1444 H'. Spanduk sisi kiri menginformasikan sholat idul fitri digelar pada Jumat, 21 April 2023 dengan imam sekaligus khotib Ustaz Hasbullah Syarif. Sedangkan spanduk sisi kanan menginformaskan sholat idul fitri digelar pada Sabtu, 22 April 2023 dengan imam sekaligs khotib Ustaz Mohammad Yanuar.