Ribuan Anak Yatim Turut Rasakan Kebahagiaan Berbelanja dengan Sahabat Yatim 

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah

Senin 17 Apr 2023 14:35 WIB

Anak-anak yatim mendapat pengalaman berbelanja di pusat perbelanjaan Foto: Dok Istimewa Anak-anak yatim mendapat pengalaman berbelanja di pusat perbelanjaan

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN –  Laznas Sahabat Yatim kembali menyelenggarakan salah satu program “Belanja Yatim” pada Ramadhan kali ini, Ahad (15/4/2023). Tahun ini adalah ketiga kalinya Sahabat Yatim berbagi kebahagiaan dengan ribuan adik-adik yatim lewat berbelanja seru jelang lebaran.

Kegiatan yang diharap mampu memberikan pengalaman menyenangkan bagi adik-adik yatim yang tak pernah rasakan berburu baju lebaran dengan orang tua ini, serentak dilaksanakan di 37 titik di Indonesia.

Baca Juga

Direktur Funding Laznas Sahabat Yatim, Irvan Ridwan, mengatakan, program Belanja Yatim ini pertama kali diinisiasi pada 2010/2011. Saat itu, menurut dia, antusiasme masyarakat luar biasa, sehingga pada 2022 lalu pihaknya kembali menyelenggarakan program ini.

"Alhamdulillah, mustahik, donatur senang, manfaatnya juga sangat terasa, makanya tahun ini kembali dengan skala yang lebih besar. Titik penyelenggaraan diperbanyak, jumlah anak yatim yang ingin kita bahagiakan juga lebih besar lagi, 3000 anak,” ujar Irvan Ridwan dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (16/4/2023). 

Tahun ini, Sahabat Yatim menggaet Cahaya Departemen Store Bintaro Plaza yang menjadi titik utama seremoni kegiatan Belanja Yatim di Tangerang Selatan dengan total 500 senyum dan tawa terukir pada adik-adik yatim yang berhasil diajak berbelanja hari itu.  

“Ada satu geng adik-adik yang kita ajak, sekitar belasan. Saya perhatikan mereka tidak belanja, malah bermain di tangga jalan, eskalator. Kelihatan mata mereka berbinar, tampak sangat excited. Begitu saya perintahkan tim dokumentasi untuk potret, mereka kabur, malu. Saya samperin dan tanya salah satu, ‘Mengapa main di situ?’ Adik ini jawab, ini pertama kali dia ke mall, pertama kali lihat tangga jalan,” kata Irvan. 

Acara ini juga turut dihadiri Ketua Tim Fasilitasi CSR Kota Tangerang Selatan Lista Hurustiati. Acara ini kemudkan ditutup dengan buka puasa bersama. Irvan Ridwan pun berharap program Belanja Yatim tak berhenti di sini.  

Baca juga: 6 Fakta Seputar Saddam Hussein yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Anti Israel  

“Semoga event ini bisa jadi event annual-nya Sahabat Yatim, jadi tidak terputus di tahun ini saja. Tapi bisa hadir di setiap tahun, bahkan pada momentum-momentum lainnya," jelas Irvan. 

Sementara itu, CEO Sahabat Yatim, Bobby Satria, dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan ini tidak untuk mengajarkan perilaku konsumtif, melainkan ada kesan dan pesan yang digenggam adik-adik yatim. 

“Pesan bahwa anak-anak harus bersyukur dengan hidup yang kita punya hari ini. Bersyukur pada orang-orang baik yang di hatinya terus tumbuh semangat berbagi, mereka yang harus didoakan. Ada acara ini karena ada orang-orang baik yang terlibat," kata Irvan.

Bobby berharap nantinya program ini tak hanya ada di momentum Ramadhan dan lebaran, tapi juga pada momentum lainnya.

“Momentumnya saat ini memang yang baru digunakan adalah momentum lebaran, padahal ada momentum bagus sebenarnya yang harapannya nanti bisa kita pakai untuk belanja yatim, yaitu ketika masa kenaikan kelas atau tahun ajaran baru. Belanjanya ya perlengkapan sekolah," tutupnya.