Sabtu 15 Apr 2023 10:17 WIB

Keunikan Nama Muhammad dan Ahmad dalam Kitab Daqoiqul Akhbar

Belum ada seorang pun manusia memakai nama Muhammad sebelum Nabi SAW lahir.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad. Keunikan Nama Muhammad dan Ahmad dalam Kitab Daqoiqul Akhbar
Foto: Dok Republika
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad. Keunikan Nama Muhammad dan Ahmad dalam Kitab Daqoiqul Akhbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Muhammad dan Ahmad adalah nama yang sangat istimewa dan sakral. Nama ini diberikan langsung oleh Allah SWT untuk nama rasul terakhir yang diutus ke bumi.

Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa ketika sayyidati Aminah mengandung, ia didatangi malaikat yang berkata:

Baca Juga

إنَّكِ قَدْ حَمَلْتِ بِسَيِّدِ هَذِهِ الْأُمَّةِ، فَإِذَا وَقَعَ إلَى الْأَرْضِ فَقُولِي: أُعِيذُهُ بِالْوَاحِدِ، مِنْ شَرِّ كُلِّ حَاسِدٍ، ثُمَّ سَمِّيهِ مُحَمَّدًا

Sesungguhnya kau sedang mengandung pemimpin umat ini. Maka, ketika ia terlahir ke dunia, ucapkanlah: “Aku memohon perlindungan untuknya kepada Tuhan yang Maha Esa, dari kejahatan setiap orang yang hasud, dan namai ia ‘Muhammad’.”

Belum ada seorang pun manusia menggunakan nama Muhammad sebelum Nabi Muhammad lahir. Dan nama Muhammad telah ada jauh sebelum nabi Adam diciptakan. Sebab sebagaimana dalam sejumlah riwayat disebutkan bahwa ketika nabi Adam telah diciptakan, ia melihat nama Muhammad tercatat di atas Arasy.

Dan di antara banyaknya rahasia dan keunikan dari nama Muhammad dan Ahmad adalah sebagaimana diungkapkan oleh Syekh Abdurrahim bin Ahmad Al Qhady dalam kitab Daqoiqul Akhbar:

وعلم أن الله تعالى أمر الخلق بالصلاة على صورة اسم أحمد و محمد، فالقيام كمثل آلاف والركوع كا الحاء والسجود كا لميم و القعود كا دال .

Ketahulah, sesungguhnya Allah ta'ala itu memerintahkan kepada makhluk-Nya sholat sebagaimana tulisan Ahmad dan Muhammd. Berdiri seperti huruf alif, rukuk seperti huruf Ha, sujud seperti huruf Mim, duduk seperti huruf dal.

وخلق الخلق على صورة اسم محمد عليه السلام فالرأس مدور كا لميم الاول واليدان كالحاء والبان كالميم الثانية والرجلان كالدال

Dan Allah ta'ala menciptakan makhluk seperti bentuk tulisan Muhammad. Kepala, bentuknya bulat seperti huruf mim pertama. Kedua tangan seperti huruf ha, perut seperti huruf mim kedua, kedua kaki seperti huruf dal.

ولا يحرق أحد من الكفار على صورته بل تبدل صورتهم على صورةالخنزير ثم تحرق بالنار

Maka orang kafir tidak akan dibakar ke dalam api neraka seperti bentuk asalnya (seperti gambar tulisan Muhammad) karena mulianya bentuk tersebut). Tapi diganti dengan bentuk babi, setelah itu baru dibuang atau dimasukkan ke dalam api neraka. Wallahu'alam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement