Jumat 14 Apr 2023 17:01 WIB

Empat Manfaat Sholat

Sholat memiliki sejumlah keutamaan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Empat Manfaat Sholat. Foto: Sholat tarawih di masjid Uni Emirat Arab. Ilustrasi.
Foto: Khaleej Times
Empat Manfaat Sholat. Foto: Sholat tarawih di masjid Uni Emirat Arab. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat dalam Islam tidak seperti doa atau bentuk ibadah dari agama dunia lainnya. Sholat itu indah dengan sendirinya karena dirancang untuk menyembah Pencipta kita.

Namun, sholat juga menguntungkan bagi tubuh dan setiap aspeknya membawa manfaat sehat yang menyehatkan jiwa manusia. Sebagai seorang Muslim baru, atau bahkan seorang Muslim berpengalaman, kita dapat dengan mudah jatuh cinta dengan shalat dan memenuhi ibadah penting ini dengan mudah.

Baca Juga

Melansir laman aboutislam.net, ada empat manfaat yang akan dirasakan ketika melaksanakan shalat,

Pertama, menyegarkan pikiran dan jiwa

Sebelum dapat melakukan sholat, kita harus berwudhu. Jika kita pernah mengantuk atau lelah dan harus memercikkan air ke wajah untuk menyegarkan diri maka kita akan mengerti bagaimana tindakan membasuh diri sebelum shalat membangkitkan indra dan menyegarkan pikiran.

Nabi Muhammad (saw) pernah ditanya tentang hal itu dan dia berkata, Jika ada sungai di depan pintu dan mandi di dalamnya lima kali sehari, apakah anda akan melihat ada kotoran pada diri anda?

Mereka berkata, "Tidak ada jejak kotoran yang tersisa." Nabi berkata, Itulah perumpamaan shalat lima waktu yang dengannya Allah menghapus dosa. (Al-Bukhari dan Muslim)

Jika kopi dapat mencegah kantuk maka seorang muslim bisa mendapatkan tingkat fokus yang sama hanya dengan mencuci dengan air sebelum setiap salat.

Kedua, berbicara dengan Allah

Tidak ada yang pernah mengatakan hidup ini akan mudah. Setiap orang memiliki masalah, beberapa lebih dari yang lain. Namun, tidak ada yang lolos dari cobaan dan kesengsaraan dari keberadaan duniawi ini. Tidak masalah jika kuta kaya atau miskin.

Masalah dan kekhawatiran memiliki cara untuk masuk ke dalam hidup atau kehidupan orang yang kita cintai. Itu sebabnya banyak orang membayar psikiater ribuan dolar untuk membantu mereka memahami dunia kita dan menemukan cara untuk mengatasinya.

Namun, dalam sholat kita dapat menemukan pelipur lara dengan menjalin hubungan dengan Allah SWT.

Nabi Muhammad (saw) mengatakan, Jarak terdekat seorang hamba dengan Tuhannya adalah ketika dia sujud. (Muslim)

Dari saat kita memulai doa, kita memiliki ruang pribadi dengan Allah tanpa perantara yang berdiri di antara kita dan Dia. Ketika berdiri dan rukuk, sholat juga melibatkan sujud dan ini adalah jarak terdekat kita dengan Allah.

Ini juga waktu terbaik untuk memohon bantuan Allah dengan masalah apa pun yang kita hadapi dan curahkan hati kitakepada Satu-Satunya yang dapat memberikan bantuan. Berdoa, selama sujud , adalah salah satu kesempatan terbaik untuk meminta bantuan Allah.

Ketiga, Obat Terbaik

Jika kita sholat dan dapat memperhatikan bahwa ada berbagai postur di setiap bagiannya. Ditetapkan berabad-abad yang lalu oleh Allah SWT, sholat adalah resep untuk tubuh dan jiwa.

Para peneliti telah mempelajari setiap aspek shalat dan menentukan bahwa gerakan sebenarnya yang dilakukan meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu sirkulasi. Tindakan sujud, khususnya, telah terbukti merangsang proses kognitif dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Secara keseluruhan, telah terbukti bahwa sholat lima waktu ideal untuk membantu kita mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi lemak.

Membuat hubungan dengan Allah dalam sholat dan melepaskan semua kesengsaraan yang memenuhi pikiranmu adalah pereda stres yang terbukti menanamkan rasa tenang pada orang percaya dan membantu meringankan stres yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana Nabi Muhammad (saw) mengatakan, Barangsiapa merendahkan dirinya di hadapan Allah, Allah akan mengangkatnya. (Muslim)

Melaksanakan sholat lima waktu adalah resep yang sangat baik untuk sukses dalam kehidupan ini dan selanjutnya.

Keempat, cara terbaik untuk hidup

Sebagai muslim, kita tidak seharusnya memasukkan doa ke dalam hidup kita. Sebaliknya, kita seharusnya menyesuaikan hidup kita dengan doa-doa kita. Ingatlah, Allah menciptakan manusia hanya untuk satu alasan,

Dalam surat Az-Zariyat ayat 56

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.

Setiap Muslim yang pernah melakukan sholat tahu bahwa ada sesuatu yang istimewa tentangnya. Sebelum shalat kita merasa cemas dan stres tetapi menjadi tenang setelah selesai. Ini adalah rahmat dan berkah dari Allah.

Menyibukkan diri dengan shalat lima waktu juga membantu kita untuk tetap berada di jalur dan menjalani kehidupan sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah Muhammad SAW.

Sumber:

https://aboutislam.net/spirituality/4-spiritual-benefits-that-prayer-grants-you/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement