Rumah Ditinggalkan Kosong Saat Mudik, Warga Diminta Lapor

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 13 Apr 2023 23:07 WIB

Ilustrasi pelabuhan. Kemenhub meminta penambahan pelabuhan dan dermaga agar bisa mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak, Banten. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakannya saat memantau kesiapan pelabuhan dalam mengantisipasi lonjakan mudik Lebaran tahun ini. Foto: istimewa Ilustrasi pelabuhan. Kemenhub meminta penambahan pelabuhan dan dermaga agar bisa mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak, Banten. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakannya saat memantau kesiapan pelabuhan dalam mengantisipasi lonjakan mudik Lebaran tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID,INDRAMAYU – Upaya pengamanan yang dilakukan polisi di masa lebaran Idul Fitri, tak hanya sebatas di jalan raya. Namun, polisi juga akan melakukan pengamanan di wilayah yang banyak ditinggalkan warganya untuk mudik lebaran.

Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada kapolsek, camat dan danramil, agar mengerahkan ketua RT dan RW di wilayah masing-masing, untuk mendatakan warganya yang mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Baca Juga

Warga yang hendak mudik juga diminta melapor ke polsek terdekat. Dengan demikian, polisi mengetahui daerah-daerah yang banyak ditinggalkan oleh warganya untuk melaksanakan mudik.

‘’Kami mengimbau kepada masyarakat untuk segera melapor apabila meninggalkan rumah dalam keadaan kosong saat mudik,’’ kata Fahri, Kamis (13/4/2023).

Fahri juga meminta tiga pilar, yaitu ke lurah/kepala desa, babinsa dan bhabinkamtibmas untuk melaksanakan patroli dan memberdayakan satkamling untuk melaksanakan patroli.

‘’Dan kami minta supaya (warga yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong) melapor ke polsek terdekat,’’ tukas Fahri. 

 

Terpopuler