Rabu 12 Apr 2023 10:28 WIB

Kiat Sukses Kembangkan Hobi Jadi Cuan

Jangan ragu berinvestasi demi memperbanyak relasi dan perluas jaringan komunitas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Agar sukses berbisnis, salah satunya dengan jalan bergabung bersama platform niaga elektronik yang bisa menjangkau komunitas dan pasar secara lebih luas.  (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Andy Wong
Agar sukses berbisnis, salah satunya dengan jalan bergabung bersama platform niaga elektronik yang bisa menjangkau komunitas dan pasar secara lebih luas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Membangun bisnis dari hobi menjadi salah satu impian bagi banyak orang. Salah satu yang memilih jalur hobi jadi cuan adalah penjual daring asal Bandung, Andromeda, ketika ia memulai brand streetwear, Hammerstout, pada 2017 lalu.

Dalam membangun bisnis, pria yang akrab disapa Andro itu turut melibatkan komunitas yang berkaitan dengan hobinya. Nongkrong dengan komunitas menjadi kunci utama Andro untuk membentuk sebuah merek yang menjawab kebutuhan pasar.

Baca Juga

Merek yang Andro bangun berawal dari kegemarannya terhadap motor antik, skateboard, dan hiruk pikuk kehidupan di jalan. Kegemaran inilah yang membuat Andro terinspirasi untuk memulai dan terus semangat menjalankan usaha brand streetwear-nya. Selain itu, kesukaannya nongkrong dan menjalin pertemanan rupanya juga menjadi pintu peluang bagi Andro.

Tong cicing wae, nongkrong mereun keluar rumah,” kata Andro dalam bahasa Sunda yang artinya 'Jangan hanya berdiam diri di rumah, nongkrong kali, keluar rumah,” dikutip dari siaran pers Lazada, Selasa (11/4/2023).

Berikut tip mengembangkan hobi menjadi cuan ala Andromeda.

1. Jangan ragu berinvestasi demi memperbanyak relasi dan perluas jaringan komunitas

Strategi mendekatkan diri pada komunitas ini juga merupakan strategi untuk memperkenalkan Hammerstout lebih luas lagi. Di area toko Hammerstout, ia menyediakan area komunitas untuk nongkrong ataupun untuk bekerja (co-working space). Ia juga sering mengadakan acara seperti live music, skateboarding, membuat podcast, dan lain-lain.

 

2. Gali pandangan lewat tongkrongan untuk hasilkan produk terbaik

Melalui hobi skateboarding, Andro bertemu dengan banyak orang yang suka dengan fesyen streetwear. Dengan nongkrong bersama komunitas, Andro juga sekaligus bisa melakukan riset pasar dan mendapatkan wawasan baru untuk membuat produk yang memang digemari ataupun dibutuhkan konsumen.

 

3. Sampaikan pesan sesuai dan tepat sasaran

Salah satu kunci keberhasilan dalam berbisnis adalah mengenal karakter pembeli sehingga pesan yang disampaikan ke target pasar tepat dan sesuai. Hobi skateboarding dan motor klasik Andro juga mendukungnya untuk tahu lebih banyak tentang karakter dan kebiasaan dari para pecinta motor. Sehingga ketika Hammerstout meluncurkan produk baru untuk para skateboarder dan biker, akan lebih mudah bagi Andro untuk menghadirkan kampanye yang relevan bagi target pasar Hammerstout.

 

4. Manfaatkan berbagai fitur di niaga elektronik

Andro ingin agar Hammerstout dapat menjangkau lebih banyak lagi komunitas. Oleh karena itu, dia bergabung dengan platform niaga elektronik yang bisa menjangkau komunitas dan pasar secara lebih luas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement