Rabu 12 Apr 2023 04:46 WIB

Haaland Cetak Rekor Baru Saat Manchester City Hancurkan Bayern Munchen

Man City mengalahkan Bayern Munchen 3-0 di Stadion Etihad.

Striker Manchester City Erling Haaland (kanan) merayakan golnya ke gawang Bayern Munchen di Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Striker Manchester City Erling Haaland (kanan) merayakan golnya ke gawang Bayern Munchen di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Erling Haaland kembali mencetak rekor baru saat Manchester City mengalahkan Bayern Munchen 3-0 pada leg pertama babak perempat final Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (12/4/2023) dini hari WIB. Haaland, yang mencetak gol ketiga City malam itu pada menit ke-76, telah mengoleksi 45 gol di semua kompetisi, sebuah rekor dalam satu musim untuk seorang pemain di Liga Primer Inggris, mengungguli Mohamed Salah dan Ruud van Nistelrooy.

Rodri membawa tim asuhan Pep Guardiola unggul pada menit ke-27, memotong bola ke belakang untuk menaklukkan gelandang Jamal Musiala dan melepaskan tendangan melengkung dari jarak jauh ke pojok kiri atas gawang tanpa bisa dijangkau oleh Yann Sommer.

Baca Juga

Rodri merayakannya dengan selebrasi meluncur dengan lutut di atas lapangan yang basah kuyup oleh hujan di Etihad, sementara manajer baru Bayern Thomas Tuchel mengangkat tangannya dengan kecewa dalam perjalanan menuju kekalahan terbesar timnya di Liga Champions sejak takluk 0-3 dari Paris Saint-Germain pada 2017.

"Sangat istimewa bagi saya untuk mencetak gol pertama saya di Liga Champions. Pada saat itu kami kesulitan karena mereka adalah tim yang hebat, tim yang hebat," kata Rodri kepada BT Sport.

"Terkadang kami paham bahwa kami tidak bisa menguasai bola hingga 80 persen. Mereka juga bermain seperti itu. Kami mencetak tiga gol dan bisa saja empat, tapi itu adalah hasil yang bagus."

Pertandingan yang berjalan seimbang berubah menjadi sangat menguntungkan City di pertengahan babak kedua, dan Bernardo Silva mencetak gol kedua pada menit ke-70, menyundul umpan silang dari Haaland. Pemain asal Norwegia itu mencetak golnya sendiri enam menit kemudian dari jarak dekat.

Sommer menjalani malam yang sibuk dan ditekan sejak awal, hampir saja memberikan gol bagi Haaland pada menit ke-14. Terlalu lama menghalau bola, sang striker merangsek masuk dan menjejakkan kakinya ke bola dua meter dari gawang, tetapi bola melebar.

Gelandang City, Ilkay Gundogan, memiliki peluang brilian pada menit ke-34, namun Sommer, yang berada di bawah mistar gawang, menjulurkan kakinya untuk menggagalkan peluang yang tampaknya akan menjadi gol.

Sontekan Ruben Dias pada babak kedua terlihat mengarah ke gawang, tetapi Sommer menepisnya ke atas mistar gawang. Namun, ia tidak mampu menghentikan Silva dan kemudian Haaland untuk menyempurnakan kemenangan.

Guardiola menghadapi musuh yang tidak asing lagi yakni Tuchel, yang merupakan manajer Chelsea yang mengalahkan City pada final Liga Champions 2021.

Pelatih asal Spanyol telah memenangkan empat gelar Liga Primer, satu Piala FA dan empat Piala Liga di City. Namun kesuksesan di Eropa masih belum bisa diraih oleh sang pelatih yang pernah dua kali meraih trofi tersebut saat menangani Barcelona.

Kepercayaan dirinya tinggi bahwa ia dapat mengakhiri paceklik tersebut menjelang leg kedua, yang akan berlangsung pada 19 April di Allianz Arena, Munchen.

"Kami tidak berpikir itu sudah selesai. Mereka adalah tim yang bagus dan kami senang dengan penampilannya, tetapi kami harus berusaha memenangkan pertandingan," kata Rodri.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement