20 Kesalahan Umum yang Dilakukan Muslim Saat Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 11 Apr 2023 17:15 WIB

 Umat Islam menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (10/4/2023). 20 Kesalahan Umum yang Dilakukan Muslim Saat Ramadhan Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK Umat Islam menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (10/4/2023). 20 Kesalahan Umum yang Dilakukan Muslim Saat Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan merupakan bulan paling istimewa bagi Islam. Bulan suci ini selalu dinantikan kehadirannya oleh setiap Muslim karena keutamannya dan pahala berlimpah yang ada di dalamnya.

Di bulan ini, Muslim berlomba-lomba melakukan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, ternyata ada beberapa kesalahan umum yang masih dilakukan di momen istimewa ini.

Baca Juga

Berikut ini 20 kesalahan umum yang dilakukan Muslim di bulan Ramadhan, dilansir di About Islam.

20 Kesalahan Umum yang Dilakukan Muslim Saat Ramadhan

1. Fokus pada Makanan

Di bulan Ramadhan tidak sedikit Muslim yang terlalu fokus pada makanan, hingga menimbulkan rasa khawatir daripada benar-benar menjalani puasa. Hal ini juga sejalan dengan menghabiskan banyak uang untuk berbuka puasa, meskipun seseorang tidak perlu makan makanan sebanyak itu.

2. Sahur jauh sebelum Subuh

Makan sahur beberapa jam setelah shalat Tarawih atau Isya adalah hal salah. Makan sahur seharusnya dilakukan sedekat mungkin dengan waktu Subuh.

3. Lupa Niat Puasa

Ada orang yang tidak melakukan niat puasa, karena menurut mereka ini adalah sesuatu yang ada di dalam hati dan tidak perlu dengan lisan. Mereka juga menganggap niat itu perlu dilakukan satu kali di awal Ramadhan dan tidak setiap hari, yang mana hal itu salah.

4. Puasa Hari Pertama

Jika seseorang terlambat mengetahui bahwa Ramadhan telah dimulai, maka ia harus berhenti makan dan berpuasa untuk hari itu. Setelah Ramadhan atau Idul Fitri berakhir, ia harus mengqadha hari itu.

5. Sholat Tarawih

Tentang Tarawih, sebagian berpendapat bahwa itu tidak dilakukan pada malam pertama Ramadhan dan percaya dimulai setelah hari pertama puasa. Mereka lupa bahwa penanggalan Islam berjalan di bulan, yang mana Maghrib adalah awal dari hari yang baru.

6. Makan atau Minum karena Kesalahan

Banyak orang percaya jika seorang Muslim makan atau minum secara tidak sengaja, ini membatalkan puasa. Ini hal yang salah. Jika seseorang kebetulan makan atau minum karena kesalahan, maka Anda tetap berpuasa dan tidak perlu mengqadha’ atau mengganti hari itu.

7. Menggunakan Siwak atau Sikat Gigi

Banyak orang berpikir Muslim tidak bisa menggunakan siwak atau sikat gigi selama Ramadhan. Ini salah, karena Nabi Muhammad SAW masih menggunakan siwak selama Ramadhan. Selama puasa, Muslim diizinkan menggunakan pasta gigi saat menyikat gigi. Alasan para ulama adalah siwak memiliki rasa, jadi pasta gigi boleh digunakan (jika tidak dimakan).

8. Keintiman

Banyak yang percaya tidur dengan pasangan selama sebulan penuh Ramadhan dilarang. Ini juga termasuk hal yang salah.

Berhubungan intim dengan pasangan sah tidak boleh dilakukan saat sedang berpuasa atau pada siang hari. Waktu antara Maghrib dan Subuh diperbolehkan untuk melakukan hubungan badan.

9. Setelah Haid

Banyak wanita yang berpendapat jika haidnya baru saja berakhir dan dia tidak mandi, dia tidak bisa berpuasa hari itu (mengingat haidnya berakhir pada malam hari, dan dia pergi tidur tanpa mandi, bangun tanpa sempat melakukannya). Ini tidak benar, karena meskipun seorang wanita Muslim belum mandi wajib, dia masih bisa berpuasa.