Tips Tetap Produktif Selama Puasa

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 07 Apr 2023 05:05 WIB

Jamaah beristirahat saat menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/4/2023). Saat bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak beribadah seperti membaca Alquran, melaksanakan shalat sunnah, dan melakukan sedekah. Masjid Istiqlal menjadi salah satu masjid di Jakarta yang menyediakan beragam program bulan Ramadhan seperti kajian, buka puasa bersama, tarawih, posko pembayaran zakat dan beragam acara keagamaan lainnya yang dapat dimanfaatkan jamaah untuk meningkatkan kualitas ibadah di Bulan Suci Ramadhan. Tips Tetap Produktif Selama Puasa Foto: Republika/Thoudy Badai Jamaah beristirahat saat menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/4/2023). Saat bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak beribadah seperti membaca Alquran, melaksanakan shalat sunnah, dan melakukan sedekah. Masjid Istiqlal menjadi salah satu masjid di Jakarta yang menyediakan beragam program bulan Ramadhan seperti kajian, buka puasa bersama, tarawih, posko pembayaran zakat dan beragam acara keagamaan lainnya yang dapat dimanfaatkan jamaah untuk meningkatkan kualitas ibadah di Bulan Suci Ramadhan. Tips Tetap Produktif Selama Puasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah waktu untuk memperbanyak ibadah dan berdoa. Lantas, bagaimana kita bisa tetap produktif dan sabar meski banyak gangguan?

Dilansir di About Islam, berikut adalah beberapa tips yang akan membantu untuk meningkatkan produktivitas selama bulan yang penuh berkah.

Baca Juga

Tips Tetap Produktif Selama Puasa

1. Ingatlah Allah bersama orang sabar

Ketika berhadapan dengan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari, jika kita menjumpai situasi yang tidak menyenangkan dan memprovokasi, mari bersikap toleran dan sabar agar puasa kita tidak terpengaruh. Kita khususnya harus berusaha tetap diam ketika marah. Melatih kesabaran bisa sangat sulit tetapi hasilnya tidak terhitung.

2. Perbanyak waktu bersama keluarga

Menjadi produktif tidak hanya berarti mencari cara untuk bekerja lebih baik, tetapi juga berarti mencari cara untuk meremajakan diri terutama bersama keluarga. Ramadhan adalah kesempatan emas untuk menghidupkan kembali dan menjaga ikatan kekeluargaan.

Lakukan sesuatu yang istimewa dengan menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang kita sayangi. Ikatan ini sangat penting dalam Islam. Bahwa memutuskan silaturahim sebaliknya akan merugi.

Dalam surat Ar Rad ayat 25,

وَالَّذِينَ يَنْقُضُونَ عَهْدَ اللَّهِ مِنْ بَعْدِ مِيثَاقِهِ وَيَقْطَعُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَنْ يُوصَلَ وَيُفْسِدُونَ فِي الْأَرْضِ ۙ أُولَٰئِكَ لَهُمُ اللَّعْنَةُ وَلَهُمْ سُوءُ الدَّارِ

Orang-orang yang melanggar perjanjian (dengan) Allah setelah diteguhkan, memutuskan apa yang diperintahkan Allah untuk disambungkan (seperti silaturahmi), dan berbuat kerusakan di bumi; mereka itulah orang-orang yang mendapat laknat dan bagi mereka tempat kediaman yang buruk (Jahanam).