Rabu 05 Apr 2023 15:23 WIB

Anggota NATO Bahas Bantuan Militer Jangka Panjang untuk Ukraina

Menteri luar negeri dari anggota tengah membahas dukungan lebih lanjut untuk Kiev

Para menteri luar negeri NATO membahas cara-cara untuk mendukung transformasi tentara Ukraina
Para menteri luar negeri NATO membahas cara-cara untuk mendukung transformasi tentara Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID., BRUSSELS -- Para menteri luar negeri NATO membahas cara-cara untuk mendukung transformasi tentara Ukraina, kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada Selasa (4/4/2023).

Stoltenberg berbicara pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menjelang pertemuan bilateral mereka. Kuleba nanti akan bertemu dengan menteri luar negeri NATO pada rapat Komisi NATO-Ukraina.

Stoltenberg mengatakan bahwa para menteri NATO akan membahas “cara bagaimana mempertahankan dan lebih jauh meningkatkan dukungan mendesak terhadap Ukraina.”

Mereka juga akan melihat bagaimana aliansi dapat mengembangkan lebih banyak program jangka panjang untuk memastikan bahwa Ukraina bergerak lebih dekat ke keluarga Atlantik, ke aliansi kami dengan lebih banyak interoperabilitas, transisi ke doktrin NATO, standar peralatan,” kata Stoltenberg lebih lanjut.

Sementara itu, Menlu Ukraina Kuleba mengatakan dia akan meminta para menteri NATO untuk “mempercepat pengiriman apa yang telah dijanjikan kepada Ukraina,” termasuk amunisi artileri dan kendaraan lapis baja.

Dia juga menggarisbawahi bahwa dia ingin membahas prospek aksesi Ukraina di NATO pada pertemuan tersebut.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/para-menlu-anggota-nato-bahas-bantuan-militer-jangka-panjang-untuk-ukraina/2863417
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement