Pemkot Jakbar Imbau Warga yang Mudik Koordinasi dengan Petugas Keamanan

Red: Reiny Dwinanda

Rabu 05 Apr 2023 14:22 WIB

Rumah kosong ditinggal pemudik (Ilustrasi). Warga Jakarta Barat yang akan mudik berkoordinasi dengan petugas keamanan. Dengan begitu, petugas dapat membantu menjaga rumah kosong yang ditinggalkan. Foto: istimewa Rumah kosong ditinggal pemudik (Ilustrasi). Warga Jakarta Barat yang akan mudik berkoordinasi dengan petugas keamanan. Dengan begitu, petugas dapat membantu menjaga rumah kosong yang ditinggalkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Barat meminta warga yang akan mudik berkoordinasi dengan petugas keamanan. Dengan begitu, petugas dapat membantu menjaga rumah kosong yang ditinggalkan.

"Ini bukan tugas petugas keamanan saja, tapi juga tugas warga dan seluruh siskamling yang ada untuk melakukan penjagaan," kata Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, saat ditemui di Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga

Menurut Uus, pihaknya sudah mengerahkan petugas Satuan Polisi Pamong Praja di setiap kecamatan dan kelurahan untuk menjaga lingkungan warga. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polisi dan TNI dalam melakukan penjagaan lingkungan selama musim mudik.

Namun demikian, penjagaan akan lebih maksimal jika masyarakat dilibatkan. Tentunya, menurut Uus, warga lebih mengetahui titik mana saja yang rawan aksi kriminal.

Uus juga mengingatkan warga yang pulang kampung agar meninggalkan rumah dengan kondisi aman. Dengan begitu, risiko terjadinya peristiwa kebakaran ataupun hal berbahaya lainnya bisa dihindari.

"Jangan sampai terjadi kebakaran, di situ harus dilihat ada kompor ada listrik, jadi saya imbau kepada masyarakat agar hati-hati saat meninggalkan rumah," kata dia.

Terpopuler