Rabu 05 Apr 2023 13:10 WIB

Polres Karawang Sediakan Mudik Gratis Rute Cirebon-Semarang

Polres Karawang menyediakan kuota 500 orang untuk mudik gratis.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Program mudik gratis.
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
(ILUSTRASI) Program mudik gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Polres Karawang, Jawa Barat, mengajak masyarakat memanfaatkan program mudik gratis. Untuk momen Lebaran 2023, Polres Karawang menggulirkan program mudik gratis dengan rute melewati Cirebon menuju Semarang.

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karawang AKP La Ode Habibi Ade Jama, untuk program mudik gratis kali ini disediakan bus, dengan kuota 500 orang peserta. Pendaftarannya sudah dibuka sejak pekan lalu. “Sejak dibuka awal pekan lalu, sampai sekarang sudah 50 persen kursi terisi,” ujar La Ode di Karawang, Rabu (5/4/2023).

La Ode mengatakan, pendaftaran mudik gratis ini akan ditutup pada 12 April 2023 atau satu hari sebelum waktu pemberangkatan. Warga yang berminat bisa mendaftar ke Markas Polres Karawang, ruangan Satlantas lantai tiga. Syaratnya membawa kartu tanda penduduk (KTP) asli dan dua lembar salinannya.

Menurut La Ode, nantinya peserta mudik akan diberangkatkan dari Karawang melalui jalur utara. Dari Karawang bus akan bergerak menuju terminal Cirebon, Jawa Barat, kemudian mengarah ke terminal di Semarang, Jawa Tengah, melalui jalur pantai utara (pantura).

Lewat program ini, La Ode mengatakan, Polres Karawang ingin membantu memudahkan masyarakat untuk mudik. Dengan program mudik gratis ini, kata dia, diharapkan juga dapat menekan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua, serta menekan risiko kecelakaan.

“Jadi, naik bus, ngantuk bisa tidur, istirahat. Naik bus juga lebih aman daripada jauh-jauh naik sepeda motor. Ini kesempatan baik bagi masyarakat, silakan datang langsung ke polres untuk mendaftar mudik gratis,” ujar La Ode.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement