Sabtu 01 Apr 2023 08:26 WIB

Pemudik Diperkirakan Capai 123 Juta Orang, Ini Persiapan Pemkot Cirebon Jelang Arus Mudik

Jumlah pemudik diprediksi naik 45 persen dari tahun lalu sebanyak 85 juta orang.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Qommarria Rostanti
Pemudik bersepeda motor melintas di jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat (ilustrasi). Pemerintah Kota Cirebon melakukan beberapa upaya menjelang arus mudik Lebaran 2023.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Pemudik bersepeda motor melintas di jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat (ilustrasi). Pemerintah Kota Cirebon melakukan beberapa upaya menjelang arus mudik Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pemerintah Kota Cirebon berupaya menekan angka kecelakaan pada arus mudik dan balik Lebaran 2023. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, saat melakukan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (ramchek) di terminal tipe A Harjamukti, Kota Cirebon, Jumat (31/3/2023).

"Kegiatan ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas," kata Agus.

Baca Juga

Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk memberikan jaminan kenyamanan bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik dan balik Lebaran 2023. Dia mengatakan, pemerintah memprediksi jumlah pemudik tahun ini akan naik hingga 45 persen, atau naik menjadi 123,8 juta dibandingkan tahun lalu yang hanya 85 juta pemudik.

Untuk itu, pemerintah sudah mengambil kebijakan untuk memajukan cuti bersama sehingga masyarakat bisa mudik lebih awal. Hal ini harus ditunjang dengan kesiapan armada dan kru yang akan membawa penumpang mudik.

 

Personel dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon mulai H-10 hingga H+10 akan ditempatkan di terminal untuk memeriksa kesehatan kru bus. "Tadi ada sopir dari Cirebon ke Merak (menyetir) selama lebih 12 jam, termasuk ke Surabaya. Itu kan memerlukan stamina yang fit," ujar Agus.

Keberadaan personel kesehatan juga untuk memastikan sopir dan kru bebas dari narkoba dan obat-obatan terlarang. Ini penting untuk keselamatan penumpan yang mereka bawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement