Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image reza zaenal

Tips Mudik 2023 Agar Aman Sampai Kampung Halaman

Eduaksi | Friday, 31 Mar 2023, 09:49 WIB

Trackingindo - Artikel ini membahas konsep pemuatan barang yang aman bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan dengan mobil dengan banyak barang bawaan selama musim mudik mendatang. Mudik merupakan tradisi tahunan di Indonesia dimana masyarakat pulang ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.

Menurut Sony Susmana, Instruktur Senior dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), safety loading adalah cara memasukkan barang ke dalam kendaraan dengan aman dan nyaman, sehingga mengurangi risiko bahaya yang mungkin terjadi akibat kelebihan beban. Sony membagikan delapan poin penting yang perlu diperhatikan oleh para calon pemudik saat berkemas untuk perjalanan mudik:

Pengenalan Kendaraan

Banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan jenis kendaraan yang mereka miliki dan memaksakan diri untuk membebani mobil mereka dengan barang bawaan. Tidak semua kendaraan dapat menampung semua barang bawaan, dan meskipun barang bawaan tersebut dapat masuk ke dalam mobil, belum tentu barang tersebut memenuhi standar keamanan yang harus dipenuhi.

Gunakan Roofbox

Hindari memuat barang di atas mobil. Jika perlu, gunakanlah roofbox dengan aplikasi yang tepat. Aplikasi yang tepat berarti memastikan bahwa roofbox tertutup rapat, dan ukuran serta berat barang yang ditempatkan di dalamnya sesuai dengan ukuran roofbox.

Selain itu, perlu diketahui bahwa menambahkan roofbox akan menambah dimensi tinggi mobil dan dapat menghalangi mobil untuk melewati jalan yang memiliki jembatan rendah.

Baca Juga Pasang Gps Motor Mulai 700 Ribuan!

Penempatan Barang yang Tepat

Lokasi yang tepat untuk menempatkan barang adalah di dalam kabin kendaraan. Selalu pastikan kargo tidak kelebihan muatan atau terlalu besar. Jangan paksakan barang yang terlalu besar untuk masuk ke dalam mobil karena bisa sangat berbahaya.

Selalu letakkan barang yang paling berat di bagian bawah dan barang yang paling ringan di bagian atas, seperti dikutip dari keterangan resmi OLX Autos.

Pengikatan

Mengikat atau mengamankan barang juga penting dilakukan saat berkendara dengan muatan. Pengikatan memastikan muatan tidak bergerak dan mengganggu pengemudi.

Untuk kargo yang berada di dalam kabin kendaraan, gunakanlah jaring kargo. Untuk kargo yang diletakkan di atap kendaraan (roofbox), gunakan alat standar keamanan seperti strapper untuk mencegahnya terlepas saat berkendara.

Baca Juga Pasang Gps Mobil Harga 800 Ribuan

Faktor Bahaya Tambahan

Saat membawa kargo, pengemudi juga harus mewaspadai faktor bahaya tambahan dari luar. Faktor-faktor seperti angin kencang, jalan berlubang, tikungan tajam, dan jalan menanjak/menurun harus diperhatikan oleh pengemudi karena adanya tambahan muatan di dalam kendaraan.

Teknik Mengemudi

Pengemudi juga perlu mengemudi lebih hati-hati saat membawa banyak barang bawaan karena adanya tambahan beban yang menambah beban kendaraan. Jika kargo tidak dimuat dengan aman, kargo tersebut dapat bergerak dan membahayakan penumpang dan pengemudi.

Pengemudi harus memastikan bahwa mereka tidak melakukan pengereman mendadak dan selalu menjaga jarak aman. Saat mengemudi di jalan menurun, selalu pastikan kecepatan kendaraan terkendali dengan menggunakan rem mesin.

Saat mengemudi di tanjakan, pastikan untuk menggunakan momentum kendaraan semaksimal mungkin agar mobil tidak gagal menanjak. Selain itu, perhatikan juga saat berbelok karena pusat gravitasi kendaraan akan berubah saat membawa muatan ekstra, sehingga lebih mudah terguling saat menikung tajam.

Manajemen Perjalanan

Mengatur perjalanan adalah kunci kenyamanan dan keamanan selama perjalanan mudik. Pemudik dapat menyepakati barang apa saja yang akan dibawa dan membatasi jumlah barang agar tidak membebani kendaraan.

Penting juga untuk merencanakan perjalanan, termasuk rute dan waktu peristirahatan. Pengemudi perlu beristirahat secara teratur untuk mencegah terjadinya microsleep yang dapat membahayakan perjalanan.

Nah, agar bisa lebih meningkatkan keamanan kendaraan anda, apalagi yang memiliki lebih dari 1 kendaraan dan harus di tinggal di rumah, saatnya untuk memasang gps tracker mobil terbaik dan gps tracker motor terbaik dengan harga murah namun kualitas tracking yang sangat baik, dapatkan promonya hanya di trackingindo.id

Gps Tracker Mobil Harga Murah Terbaik

Gps Tracker Motor Harga Murah Terbaik

Pasang Gps Motor

Pasang Gps Mobil

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image