Rabu 29 Mar 2023 22:25 WIB

Didik Anak Berpuasa Lewat Parenting

Parenting dari sudut pandang ketauhidan dinilai penting bagi anak.

Tabligh Akbar Ramadhan di SIT Harapan Umat Karawang
Foto: Dok SIT Harapan Umat Karawang
Tabligh Akbar Ramadhan di SIT Harapan Umat Karawang

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG -- Puasa Ramadhan merupakan sebuah ibadah yang harus disiapkan sejak dini. Keluarga mesti mendidik anak-anaknya baik secara mental maupun spiritual agar mampu dan memahami esensi puasa. Ilmu parenting dalam konteks mendidik anak hingga kuat berpuasa pun dipraktikkan saat tabligh akbar Yayasan Harapan Umat Karawang bertajuk 'Menanamkan Tauhid pada Anak, agar Taat Syariat, Kuat Menghadapi Tantangan Zaman' belum lama ini.

Hershinta Yatim selaku Ketua Ikatan Orang Tua Siswa Harapan Umat Karawang menyampaikan syukur karena sudah mendapat ilmu mengenai parenting dari sudut pandang ketauhidan.“Saya sangat bersyukur mendapat ilmu yang luar biasa mengenai pendidikan anak khususnya mengenai penanaman tauhid kepada anak, semoga kami bisa menerapkannya di rumah,"ujar Hershinta beberapa waktu lalu.

Tabligh Akbar yang di prakarsai oleh Bidang Dakwah dan Sosial (Daksos) Yayasan Harapan Umat Karawang dan unsur kepanitiaan dari dewan guru dan karyawan ini dihadiri oleh para jamaah dari seluruh pegawai SIT HARUM, orang tua siswa SIT HARUM, pengurus Komite Sekolah, pengurus Ikatan Orang tua Siswa dan masyarakat umum.

Kegiatan tabligh akbar ini mengusung tema 'Menanamkan Tauhid pada Anak, agar Taat Syariat, Kuat Menghadapi Tantangan Zaman' dengan narasumber seorang psikolog dan konsultan pendidikan dan sumber daya manusia, yakni Adriano Rusfi.

Acara tabligh akbar berlangsung dengan suasana balutan semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang tercipta antara orang tua dan tenaga pendidik di SIT Harapan Umat Karawang ini merupakan acara pengajian yang paling banyak kehadiran jamaahnya dibanding sebelum-sebelumnya mengadakan acara tabligh akbar.

Sebelum acara tabligh akbar dimulai, para petugas panitia sudah menyiapkan acara tambahan berupa hiburan yakni adanya talent-talent yang akan tampil bernyanyi dari siswa dan siswi SIT Harapan Umat Karawang dan secara resmi melaunching persembahan lagu ramadhan SIT Harapan Umat Karawang dengan judul 'Ramadhan Ceria dan Ramadhan Syahdu'.

Kemudian, dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Harian (KPH) Yayasan Harapan Umat Karawang, Asep Saepudin, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh talent yang cukup menghibur suasana. Tentunya orang tua yang hadir guna menimba ilmu kembali dengan sang narasumber tersebut.

“Apresiasi kami untuk seluruh orang tua yang hadir, dan talent-talent dalam rangka launching lagu ramadhan SIT Harapan Umat Karawang. Karena jamaahnya begitu banyak sehingga ada yang berdesak-desakan demi menyaksikan launching lagu Ramadhan serta mendapatkan tambahan ilmu yang sangat bermanfaat ini”.

Tepat pukul 09.00 WIB, acara tabligh akbar dimulai oleh sang narasumber Adriano Rusfi, dengan dipandu oleh Emron Mohamad, dari Bidang Daksos Harapan Umat Karawang hingga pukul 11.30 WIB. Para jamaah pun begitu antusias menyimak dan mengikuti kegiatan ini sampai selesai acara dan acara pun di akhiri dengan shalat Zuhur secara berjamaah di Masjidil Harum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement