Selasa 28 Mar 2023 21:27 WIB

Jelang Arus Mudik, Polres Kulonprogo Survei Jalan Nasional dan Alternatif

Jalan yang bakal dilewati arus mudik Lebaran 2023 dalam kondisi baik.

Rambu penunjuk jalan terpasang di simpang jalur pantai selatan (pansela) di Sentolo, DI Yogyakarta (ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Rambu penunjuk jalan terpasang di simpang jalur pantai selatan (pansela) di Sentolo, DI Yogyakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Jajaran Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan survei jalur nasional hingga jalur alternatif menjelang arus mudik Lebaran 2023.

Kasat lantas Polres Kulonprogo AKP Johan Rinto Damar Jati  mengatakan pelaksanaan survei jalan ini bertujuan untuk mengetahui persiapan jalur mudik Lebaran 2023.

"Kulonprogo merupakan perlintasan utama pengguna jalan saat arus mudik Lebaran 2023. Sebagai jalur utama pintu masuk Yogyakarta di sisi barat," kata Johan.

Adapun sejumlah titik yang ditinjau Satlantas Polres Kulonprogo, antara lain, sepanjang jalur tengah meliputi Toyan-Brosot, jalur selatan Brosot-Sogan Karangwuni, dan Jalan Nasional Temon-Sentolo.

Ia mengatakan berdasarkan hasil survei jalan untuk wilayah Kulonprogo, khususnya jalan yang dilewati arus mudik Lebaran  2023 dalam kondisi baik.

Namun, katanya, saat ini di jalan nasional Yogyakarta-Purworejo di ruas wilayah Kulonprogo ada beberapa titik perbaikan. Perbaikan jalan tersebut dikerjakan selama 600 hari yang akan berakhir pada Oktober 2023.

Namun demikian, ujarnya, untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2023 menjelang hari H-15 di area titik perbaikan jalan tersebut meskipun belum sempurna diupayakan bisa dilalui dan tidak ada sistem buka tutup.

"Polres Kulonprogo sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan dinas provinsi dengan kesepakatan bahwa jalan nasional Yogyakarta-Purworejo, khususnya di wilayah Kulonprogo diupayakan tidak ada hambatan suatu apa pun," ujarnya.

Untuk jalur selatan, ujar dia, ada satu jembatan yang tidak bisa dilalui di wilayah Kapanewon/Kecamatan Glagah. Polres Kulonprogo sudah menyiapkan rambu petunjuk arah sesuai hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kulonprogo.

Selain itu, tambah dia, pihaknya menempatkan papan rambu petunjuk dari arah Kabupaten Purworejo (Jawa Tengah) yang masuk Yogyakarta lewat jalan selatan atau Daendels di Pasar Glaeng diarahkan belok kiri masuk jalan nasional

Sementara dari arah Yogyakarta menuju Purworejo dari jalur selatan disiapkan rekayasa lalu lintas mulai Simpang Tiga Brosot atau di Kecamatan Galur dibuat petunjuk arah untuk mengalirkan arus lalu lintas menuju ke jalur tengah tembus ke Simpang Tiga Toyan masuk jalan nasional.

“Untuk titik kepadatan arus lalu lintas Simpang Lima Karangnongko atau di Simpang Tiga Terminal Wates nanti akan didirikan pos pengamanan (pospam) untuk membantu masyarakat, terutama untuk mengantisipasi keamanan dan ketertiban masyarakat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement