Senin 27 Mar 2023 17:20 WIB

Siapkan Program Mudik Gratis, Pemprov Jatim Kerahkan 161 Unit Bus

Pemprov Jatim juga akan memfasilitasi mudik gratis bagi warga yang tinggal di Jakarta

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Friska Yolandha
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menyediakan fasilitas mudik gratis untuk masyarakat yang ingin pulang kampung saat lebaran idul fitri 2023.
Foto: Diskominfo Kota Batu
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menyediakan fasilitas mudik gratis untuk masyarakat yang ingin pulang kampung saat lebaran idul fitri 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menyediakan fasilitas mudik gratis untuk masyarakat yang ingin pulang kampung saat Idul Fitri 2023. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, masyarakat sudah bisa mendaftarkan diri mulai Senin, 27 Maret 2023 untuk mengikuti mudik gratis tersebut.

Khofifah menjelaskan, ada 161 unit bus yang disiapkan untuk menyukseskan program mudik gratis tersebut. Sebanyak 161 armada bus itu akan diberangkatkan dari Surabaya menuju 17 kabupaten/kota tujuan di Jawa Timur. Pemprov Jatim juga menyediakan mudik gratis dengan menggunakan satu kapal laut bagi masyarakat kepulauan. Kapal tersebut bisa menampung 2.400 penumpang dan mengangkut 400 motor lebih dengan rute Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas.

Baca Juga

"Pemesanan sampai 10 April 2023 melalui website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id, masyarakat bisa mulai mendaftarkan diri secara online. Kami menyiapkan 161 bus untuk mudik gratis, 400 kendaraan motor siap diangkut dengan kapal laut bagi masyarakat di wilayah kepulauan," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (27/3/2023).

Khofifah mengungkapkan, sebelum melaksanakan pendaftaran online masyarakat harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran. Di antaranya dengan mengirimkan fotokopi KTP dan KK secara online, serta sudah vaksin booster. Pemberangakatan mudik gratis untuk area Jawa Timur akan dimulai pada 19 April 2023 dan diberangkatkan di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

"Total bus antar kabupaten/kota di Jatim yang akan diberangkatkan dari Kantor Dishub Jatim sebanyak 90 unit," ujarnya. 

Selain itu, Pemprov Jatim juga akan memfasilitasi mudik gratis bagi masyarakat Jatim yang tinggal dan bekerja di Jakarta dengan menyediakan 34 unit bus. Dimana sebanyak 20 bus akan diberangkatkan pada 18 April menuju Jatim dari Jakarta yang tepatnya dari Anjungan Jawa Timur TMII, serta armada bus balik gratis dari Jatim menuju ke Jakarta sebanyak 14 bus.

"Tahun ini diprediksi akan menjadi hari lebaran idul fitri yang begitu hangat dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman di tengah pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19," kata Khofifah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement