Senin 27 Mar 2023 19:47 WIB

Jangan Terkecoh, Ini Jenis Email yang Sebaiknya Langsung Dihapus

Email yang patut dicurigai adalah yang terkesan membuat Anda harus segera bertindak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa taktik paling umum yang digunakan penipu ini untuk mencuri data Anda lewat email/ilustrasi.
Foto: Dok. Web
Ada beberapa taktik paling umum yang digunakan penipu ini untuk mencuri data Anda lewat email/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penipuan phishing, yang melibatkan penjahat dunia maya yang mengirim email atau pesan yang berpura-pura menjadi bagian dari perusahaan terkemuka untuk mencuri informasi seperti nomor kartu kredit Anda, marak terjadi.

Untuk membantu mengatasi ancaman yang berkembang ini, pakar keamanan siber Chris Bluvshtein dari VPNOverview.com telah mengungkapkan taktik paling umum yang digunakan penipu ini untuk mencuri data Anda.

Baca Juga

Contohnya, muncul email yang sering mencoba meyakinkan Anda untuk mengambil tindakan segera dan membukanya tanpa berpikir dengan menggunakan baris subjek yang menarik seperti kiriman yang belum sampai atau hadiah yang telah dimenangkan.

Jika Anda tidak yakin tentang apa yang mungkin merupakan penipuan, berikut adalah beberapa yang paling dikenal. Artinya, jika Anda melihat email seperti ini, berhati-hatilah.

 

1. “Pengiriman Anda tidak berhasil”

Bluvshtein mencatat bahwa salah satu penipuan phishing terbesar mempermainkan gagasan bahwa Anda telah melewatkan pengiriman. Setelah "memperingatkan" Anda tentang pengiriman yang terlewatkan ini, mereka kemungkinan besar akan menanyakan informasi pembayaran yang Anda minta untuk menutupi biaya pengiriman yang terlewatkan.

 

2. "Kamu telah memenangkan hadiah!"

Penipuan ini sangat umum, dengan penjahat dunia maya yang sering mengirimi Anda tautan yang menyatakan bahwa Anda telah memenangkan sesuatu kemungkinan besar akan membuat Anda dimintai informasi. Dalam skenario terburuk, Bluvshtein memperingatkan bahwa itu dapat membuka perangkat Anda hingga risiko virus komputer.

 

3. “Anda menghubungi kami terlebih dahulu”

Ini adalah taktik baru lainnya yang digunakan oleh peretas saat mereka mencoba meyakinkan pengguna email bahwa mereka telah melakukan kontak pertama. “Metode populer lainnya yang digunakan oleh penipu phishing adalah pendekatan 'Anda menghubungi kami terlebih dahulu. Tidak ada yang suka jika dianggap sengaja melupakan sebuah pesan, jadi Anda mungkin cenderung mengklik tautan untuk melihat apa yang sedang terjadi,'' katanya.

Jika Anda mendapatkan pesan seperti ini dan Anda tidak mengenali pengirimnya, lebih baik menghapusnya daripada mengambil risiko.

 

4. “Periode langganan Anda kedaluwarsa”

Sekali lagi menekankan rasa urgensi, email phishing ini mencoba mengelabui Anda agar berpikir bahwa perangkat lunak antivirus Anda perlu diperbarui. Ini adalah cara klasik lain untuk memikat Anda agar mengklik tautan dan menyerahkan detail kartu kredit.

 

5. “Anda bisa menjadi jutawan”

Email ini adalah lanjutan dari skema “cepat kaya” yang biasanya membanjiri ribuan kotak masuk. Karena sudah diketahui, para penipu itu mengembangkan jenis email yang menawarkan kepada pengguna cara untuk menghasilkan uang dengan cepat menggunakan mata uang kripto.

“Sekarang ada peningkatan dalam penipuan terkait kripto yang mendorong Anda untuk melakukan investasi jangka panjang menjadi sesuatu seperti Bitcoin. Sayangnya, sudut pandang baru menempatkan Anda pada risiko yang sama besarnya," ujar Bluvshtein seperti dilansir dari laman Express, Senin (27/3/2023).

Jika Anda melihat email seperti ini, coba verifikasi apakah ini benar-benar dikirim oleh perusahaan yang diklaim oleh pengirim. Jika Anda menduga bahwa itu adalah aksi penipuan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari mengklik tautan dan menekan tombol laporkan di akun Gmail Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement