Ahad 26 Mar 2023 13:38 WIB

Menonton Langsung Pertandingan Olahraga Terbukti Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Ada sejumlah manfaat yang dirasakan penonton pertandingan olahraga.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Penonton sepak bola (Ilustrasi). Menurut penelitian, berada di stadion membantu membentuk identitas dan rasa memiliki kelompok serta meningkatkan suasana hati penonton.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Penonton sepak bola (Ilustrasi). Menurut penelitian, berada di stadion membantu membentuk identitas dan rasa memiliki kelompok serta meningkatkan suasana hati penonton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi terbaru yang diterbitkan di Frontiers in Public Health mengungkapkan manfaat menghadiri pertandingan olahraga secara langsung langsung. Aktivitas itu terbukti membuat orang tidak terlalu kesepian dan dapat membuat seseorang lebih cenderung merasa hidup sangat berharga.

Studi tersebut mensurvei lebih dari 7.000 orang Inggris untuk melihat dampak menonton pertandingan langsung terhadap tingkat kesejahteraan mereka. Datang ke pertandingan olahraga rupanya membuat orang merasa puas seperti saat mendapat pekerjaan baru.

Baca Juga

Salah seorang penulis studi dr Helen Keyes dari Anglia Ruskin University mengatakan berada di stadion membantu membentuk identitas dan rasa memiliki kelompok serta meningkatkan suasana hati penonton. Dia mengeklaim studi yang dilakukannya merupakan studi pertama yang melihat manfaat menghadiri pertandingan olahraga apa pun di kalangan orang dewasa.

"Temuan kami dapat berguna untuk membentuk strategi kesehatan masyarakat di masa depan, seperti menawarkan potongan harga tiket untuk kelompok tertentu," kata Keyes, dikutip The Sun, Ahad (26/3/2023).

Menurut penelitian sebelumnya, menonton pertandingan sepak bola dapat meningkatkan kinerja jantung dengan jumlah yang sama dengan jalan cepat selama 90 menit. Kali ini, lewat studi terbaru, para responden terdiri dari orang dewasa berusia 16 hingga 85 tahun yang tinggal di Inggris untuk melihat bagaimana hal itu memengaruhi kebahagiaan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement