Berbagi ke yang Membutuhkan Jadi Makna Ramadhan Bagi Ganjar Pranowo

Red: Gilang Akbar Prambadi

Sabtu 25 Mar 2023 06:10 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) di Panti Asuhan Fafirruu Ilallah, yang berada di Jalan Blambangan, Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk, Kota Semarang Foto: Dok. HPJT Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) di Panti Asuhan Fafirruu Ilallah, yang berada di Jalan Blambangan, Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk, Kota Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyampaikan nilai-nilai terkait bulan Ramadhan menurut dia, tak hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi juga berbagi kebaikan dengan sesama.

Terlebih, berbagi kebaikan kepada pihak yang membutuhkan bantuan. Seperti anak-anak panti asuhan misalnya, yang diberikan bantuan kebutuhan pokok oleh Ganjar.

Baca Juga

Ganjar menyalurkan bantuan untuk Panti Asuhan Fafirruu Ilallah, yang berada di Jalan Blambangan, Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. 

Adapun, bantuan yang diberikan untuk anak-anak panti dan pengurus panti adalah kebutuhan pokok untuk memenuhi konsumsi di panti asuhan selama Ramadan.

"Kita melihat anak-anak kita yang butuh asuhan, maka banyak panti kemudian didirikan dan banyak di antara para pengurus, merelakan dirinya untuk membantu anak-anak," kata Ganjar Jumat (24/4/2023).

Ganjar yang mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam menyalurkan bantuan tersebut, menyampaikan apresiasi untuk para pengasuh yang telah memberikan tenaga dan waktunya untuk mengasuh anak-anak di panti.

Panti Asuhan Fafirruu Ilallah sendiri, sejak berdiri pada tahun 2017 silam hingga saat ini memiliki 36 anak asuh yang rata-rata berasal dari Semarang dan sekitarnya.

"Pemerintah senang sekali dibantu mereka, maka tugas kita adalah memperhatikan mereka, membantu mereka, apalagi sekarang di bulan Ramadan," ucap Ganjar.

Ganjar pun berharap, bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mampu menjadi stimulan bagi pihak-pihak lain, khususnya para dermawan yang ingin menyalurkan bantuan.

Terlebih, lanjut Ganjar, momennya sangat baik saat bulan Ramadhan. Di mana, setiap orang berlomba-lomba berbuat baik sebanyak mungkin.

"Mudah-mudahan banyak orang yang peduli sesama, wabil khusus kepada yatim piatu dan yang sedikit ini bisa memberikan kebahagiaan yang membuat mereka tersenyum," kata Ganjar.

Pada kesempatan itu, Ganjar menyalurkan bantuan sambil meng-gowes sepedanya dari rumah dinas Puri Gedeh. Ganjar yang juga hobi gowes itu bersepeda menuju Panti Asuhan Fafirruu Ilallah sekitar pukul 16.00 WIB.

“Kepada seluruh masyarakat Muslim saya menyampaikan, selamat menjalankan ibadah Ramadhan,” ujar Ganjar seperti dilansir dari Antara