Kamis 23 Mar 2023 14:45 WIB

Isi Ramadhan, Masjid Raya Bandung Gelar Pelatihan Calon Imam dan Qiraat

Masjid Raya Bandung rencananya juga mengadakan kegiatan pesantren milenial.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Masjid Raya Bandung, Jawa Barat.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Masjid Raya Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Berbagai kegiatan disiapkan di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, untuk mengisi bulan Ramadhan. Di antaranya kegiatan pelatihan keagamaan.

Menurut Sekretaris Pelaksana Kegiatan Ramadhan di Masjid Raya Bandung, Atang Wahyudin, pada bulan Ramadhan ini rencananya digelar pelatihan bagi calon imam dan mubaligh di Kota Bandung. Selain itu, ada pelatihan qiraat. “Pelatihan qiraat atau tahsin tahfidz Alquran,” kata Atang, saat ditemui, Kamis (23/3/2023).

Atang mengatakan, diagendakan juga kegiatan pelatihan pemulasaraan jenazah. Kemudian pesantren milenial, yang menyasar siswa SMP, SMA, sampai mahasiswa.

Agenda rutin shalat Tarawih juga disiapkan. Shalat Tarawih pertama digelar di Masjid Raya Bandung pada Rabu (22/3/2023). “Tarawih kemarin banyak (jamaah), sekitar lima baris, 600-700-an,” ujar Atang.

Menurut Atang, sudah disiapkan jadwal penceramah. Nantinya ada ceramah tarawih dan kuliah subuh. Menurut dia, diagendakan juga kegiatan tadarus Alquran setiap hari, setelah shalat Ashar hingga menjelang Maghrib.

Di Masjid Raya Bandung pun akan ada kegiatan peringatan Nuzulul Quran, dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Selain itu, khataman Alquran dan iktikaf. “Ditutup dengan penerimaan dan pendistribusian zakat, infak, sedekah, dan shalat Idul Fitri,” kata Atang.

Atang mengatakan, pada bulan Ramadhan ini di Masjid Raya Bandung akan disiapkan makanan takjil. Penyediaan takjil didukung Pemprov Jabar dan dinas pemerintah. “Penyediaan takjil setiap hari kita seribu paket,” ujar Atang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement