5 Hidangan yang Perlu Dibatasi Konsumsinya Selama Bulan Puasa

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda

Kamis 23 Mar 2023 14:25 WIB

Berbuka puasa (Ilustrasi). Setelah berpuasa, tubuh cenderung kesulitan mencerna karbohidrat. Jadi, sebaiknya hindari makanan seperti bakwan, kentang goreng, keripik kentang, tepung olahan, nasi, dan makanan kaya karbohidrat lainnya. Foto: www.freepik.com Berbuka puasa (Ilustrasi). Setelah berpuasa, tubuh cenderung kesulitan mencerna karbohidrat. Jadi, sebaiknya hindari makanan seperti bakwan, kentang goreng, keripik kentang, tepung olahan, nasi, dan makanan kaya karbohidrat lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki bulan suci Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa dengan menahan haus dan lapar dari waktu imsak hingga berbuka. Saat bulan puasa, penting untuk memilih jenis makanan yang dikonsumsi dan tetap menerapkan pola makan sehat.

Konsultan ahli gizi klinis dari India, Rupali Datta, mengatakan ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan pencernaan saat perut kosong. Untuk membantu Anda merencanakan menu buka dan sahur, berikut daftar makanan yang harus dibatasi agar semakin kuat saat berpuasa, dilansir NDTV Food, Kamis (23/3/2023):

Baca Juga

1. Karbohidrat

Setelah berpuasa, tubuh cenderung kesulitan mencerna karbohidrat. Jadi, sebaiknya hindari makanan seperti bakwan, kentang goreng, keripik kentang, tepung olahan, nasi, dan makanan kaya karbohidrat lainnya.

Jika ingin menyantapnya, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

2. Makanan kaleng

Makanan kaleng mungkin tampak seperti pilihan makanan yang cepat dan mudah. Namun, makanan kaleng sering kali dikemas dengan bahan pengawet dan gula untuk memperpanjang umur simpannya.

Makanan ini juga rendah nutrisi dan menawarkan sedikit manfaat kesehatan sehingga sebaiknya hindari selama puasa.

3. Minuman berkarbonasi

Soda dan minuman bersoda lainnya dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong. Minuman ini juga mengandung kadar gas yang tinggi yang dapat meningkatkan tekanan di perut Anda.