Sholat Tarawih Pertama, Jamaah Masjid Agung Indramayu Membludak

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Qommarria Rostanti

Rabu 22 Mar 2023 21:57 WIB

Jamaah Masjid Agung Indramayu membludak hingga memenuhi teras masjid pada malam pertama Sholat Tarawih Ramadhan 1444H, Rabu (22/3/2023). Foto: Republika/Lilis Sri Handayani Jamaah Masjid Agung Indramayu membludak hingga memenuhi teras masjid pada malam pertama Sholat Tarawih Ramadhan 1444H, Rabu (22/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pelaksanaan Sholat Tarawih pada malam pertama Ramadhan 1444 H di Masjid Agung Indramayu, disambut antusias umat Islam, Rabu (22/3/2023). Hal ini terlihat dari membludaknya jamaah masjid yang terletak di sisi Alun-alun dan Pendopo Bupati Indramayu tersebut.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, bagian dalam Masjid Agung Indramayu dipenuhi oleh jamaah, baik di barisan jamaah laki-laki maupun perempuan. Akibatnya, ratusan jamaah lainnya terpaksa memenuhi teras masjid. Baik di sisi kanan teras untuk jamaah laki-laki maupun di sisi kiri teras untuk jamaah perempuan.

Baca Juga

Para jamaah sebagian besar datang bersama keluarga mereka, termasuk anak-anak. Pelaksanaan Sholat Tarawih pun berlangsung dengan khusyuk. Sholat Tarawih dilakukan sebanyak 23 rakaat, termasuk Sholat Witir.

Salah seorang jamaah asal Kelurahan Margadadi, Kecamatan Indramayu, Wahyu (40), sengaja mengajak istri dan kedua anaknya untuk mengikuti Sholat Tarawih perdana di Masjid Agung Indramayu. Hal itu untuk meningkatkan motivasi beribadah pada keluarganya.

"Ini juga sebagai bentuk rasa syukur dan kegembiraan kami dalam menyambut bulan suci Ramadhan," kata Wahyu.

Ketua DKM Masjid Agung Indramayu, H Aan Fathul Anwar, mengatakan, Masjid Agung Indramayu telah menyiapkan sejumlah agenda kegiatan selama bulan suci Ramadhan 1444 H. Salah satunya yaitu Khotmil Quran yang digelar setiap hari pukul 17.00 WIB serta tajil dan makan buka puasa bersama.

"Setiap hari kita berikan sekitar 300 orang untuk berbuka puasa di sini, gratis," kata Aan.

Selain itu, agenda kegiatan lainnya berupa kajian Islam Tarawih atau kultum (bada Sholat Isya), tadarus Alquran (bada Sholat Tarawih), kajian Islam Subuh/Kulsub dan itikaf pada 10 hari terakhir Ramadhan. Selain itu, Masjid Agung Indramayu juga menyelenggarakan zakat fitrah 1444 H dan shalat Idul Fitri 1444 H.