Rabu 22 Mar 2023 21:52 WIB

Mulai Besok, Pemprov DKI Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2023 ke Enam Provinsi

Sebanyak 278 bus dengan kapasitas 11.120 penumpang disiapkan untuk mudik gratis.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Pemudik antre menaiki bus dalam mudik gratis. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA /Sigid Kurniawan
Pemudik antre menaiki bus dalam mudik gratis. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengadakan program mudik gratis DKI Jakarta tahun 2023 bagi warga Jakarta yang akan merayakan Lebaran di kampung halaman dan kembali lagi ke Jakarta. Pendaftaran program tersebut mulai dilakukan mulai 23 Maret 2023.

"Pada tahun ini, program mudik akan melayani perjalanan mudik menuju 19 kota/kabupaten di enam provinsi," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Syafrin Liputo dalam keterangannya, dikutip Rabu (22/3/2023).

Baca Juga

Keenam provinsi tersebut yakni Lampung, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur. Perinciannya, Kota Bandar Lampung menjadi kota tujuan di Provinsi Lampung, lalu Kota Palembang jadi tujuan di Provinsi Sumatra Selatan, Kuningan dan Tasikmalaya di Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, di Jawa Tengah, kota tujuannya lebih beragam, mulai dari Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri. Lalu, Kota Yogyakarta di Provinsi DIY serta Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang di Provinsi Jawa Timur.

Pada arus mudik, disiapkan sebanyak 278 bus dengan kapasitas 11.120 penumpang dan 13 truk yang akan mengangkut 390 sepeda motor. Sedangkan saat arus balik disediakan 204 bus berkapasitas 8.160 penumpang dan 10 truk yang akan mengangkut 300 sepeda motor.

"Tersedia 482 bus untuk mengakomodir 19.280 masyarakat Jakarta yang akan melakukan arus mudik dan arus balik. Untuk menekan banyaknya pemudik yang menggunakan sepeda motor pada arus mudik maupun balik serta untuk menunjang mobilitas pemudik di kampung halaman, disediakan juga 23 truk yang dapat mengangkut sebanyak 690 unit sepeda motor pemudik," ujarnya.

Pengangkutan sepeda motor pemudik tersebut untuk layanan sembilan kota/kabupaten, yakni Kuningan, Tasikmalaya, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang, dan Malang. "Bagi masyarakat yang ingin mendatar progam mudik gratis DKI Jakarta Tahun 2023 dapat mendaftar mulai 23 Maret 2023 secara online maupun offline," ujarnya.

Informasi mengenai pendaftaran online dapat dilihat melalui media sosial Dishub DKI Jakarta dan website mudik gratis di mudikgratisjakarta.com. Adapun, pendaftaran secara offline dapat dilakukan enam lokasi service point, baik di kantor Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Kantor Suku Dinas Perhubungan di lima Wilayah Kota Administrasi.

Para pendaftar diwajibkan menyiapkan sejumlah persyaratan yang diperlukan, seperti melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), kartu atau bukti vaksin Covid-19, serta Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor apabila membawa sepeda motor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement