Bagaimana Kalau Makmum Tertinggal Sholat Tarawih?

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 22 Mar 2023 13:11 WIB

Sejumlah umat Islam melaksanakan Shalat Tarawih di Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Jakarta, Senin (18/4/2022). Bagaimana Kalau Makmum Tertinggal Sholat Tarawih? Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah umat Islam melaksanakan Shalat Tarawih di Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Jakarta, Senin (18/4/2022). Bagaimana Kalau Makmum Tertinggal Sholat Tarawih?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada malam Ramadhan, umat Islam sangat dianjurkan melaksanakan sholat Tarawih berjamaah di masjid. Namun, pelaksanannya berbeda-beda.

Ada yang melaksanakan delapan rakaat plus tiga rakaat sholat Witir. Ada pula yang mengerjakan sholat Tarawih dengan 20 rakaat plus tiga rakaat sholat Witir.

Baca Juga

Sholat Tarawih hukumnya sunnah muakkad. Namun, bagaimana jika ada makmum yang tertinggal sholat Tarawih?

Apakah dia harus menyempurnakan bilangan rakaat sholat Tarawih terlebih dahulu atau langsung mengikuti sholat Witir itu terlebih dahulu bersama imam? Karena, ada yang mengatakan harus selesai Tarawih dulu baru melaksanakan sholat Witir.

Pertanyaan ini dijawab oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon Prof Yahya Zainul Ma'arif atau yang lebih akrab disapa Buya Yahya. Dia menjawab pertanyaan ini dengan dua penjelasan.

Baca juga: Tata Cara Sholat Tarawih Lengkap dengan Bacaannya