Rabu 22 Mar 2023 12:15 WIB

Libur Nyepi, Jalur Puncak Bogor Diterapkan Ganjil-Genap

Sistem ganjil-genap telah dilaksanakan sejak pukul 06.00 WIB.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Situasi arus lalu lintas di Exit Tol Gadog, Kabupaten Bogor menuju jalur Puncak pada libur Hari Raya Nyepi, Rabu (22/3/2023). Kendaraan sempat mengantre karena ada pemeriksaan ganjil-genap.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Situasi arus lalu lintas di Exit Tol Gadog, Kabupaten Bogor menuju jalur Puncak pada libur Hari Raya Nyepi, Rabu (22/3/2023). Kendaraan sempat mengantre karena ada pemeriksaan ganjil-genap.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Satlantas Polres Bogor memantau arus lalu lintas menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada libur Hari Raya Nyepi, Rabu (22/3/2023). Hingga berita ini diturunkan, arus lalin belum mengalami peningkatan signifikan. Memski demikian, polisi menerapkan sistem ganjil-genap terhadap kendaraan bermotor mulai dari Simpang Gadog atau Exit Tol Gadog.

Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto, mengatakan, situasi arus kendaraan saat ini masih cukup terkendali. Sistem ganjil-genap sendiri telah dilaksanakan sejak pukul 06.00 WIB.

Pantauan Republika di Simpang Gadog, kendaraan dari arah Jakarta menuju Jalur Puncak terpantau ramai lancar. Sempat terjadi antrean kendaraan di Exit Tol Gadog karena ada pemeriksaan ganjil-genap.

“Ganjil-genap diberlakukan untuk semua kendaraan. Kecuali kendaraan warga Ciawi, Megamendung, Cisarua, dan Cianjur masih diperbolehkan ke atas dengan menunjukkan identitas,” kata Ardian kepada awak media di Simpang Gadog, Rabu (22/3/2023).

Lebih lanjut, Ardian mengatakan, polisi tidak melaksanakan sistem rekayasa lalu lintas, mengingat kendaraan menuju kawasan Puncak tidak cukup ramai. Sehingga arus di tiap-tiap persimpangan dinilainya masih cukup terkendali sampai saat ini.

Sementara itu, sambung dia, arus lalu lintas dari kendaraan warga setempat tidak terlalu meriah. Diperkirakan, warga masih menyiapkan keperluan pribadi jelang Ramadhan 1444 Hijriah.

“Sehingga masyarakat masih ada kegiatan di rumahnya masing-masing. Jadi tidak banyak kendaraan menuju kawasan Puncak,” kata Ardian.

Di samping itu, Ardian mengimbau pengendara yang melintas di Jalur Puncak untuk tetap berhati-hati. Serta mematuhi peraturan lalu lintas yang ada.

“Patuhi arahan petugas kami yang ada di lapangan. Kemudian tetap perhatikan kesehatan dan kondisi kendaraan yang digunakan, sehingga tetap melintas dengan aman dan lancar,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement